Gempa Bumi Dalam Periode 15 Tahun Terakhir (video)

Gempa Bumi Dalam Periode 15 Tahun Terakhir (video)

723
gempa bumi

Gempa bumi yang terjadi dalam kurun 15 tahun terakhir memang cukup banyak, apakah ini pertanda bumi kita mulai tidak sehat?

Kreasitekno.comPacific Tsunami Warning Center, bagian dari National Oceanic and Atmospheric Administration, telah merilis video yang merekam aktifitas dalam Bumi atau lebih tepatnya: gempa bumi. Gempa Bumi 15 terakhir telah terekam jelas dalam video ini, dimulai dari 1 Januari 2001 sampai dengan 31 Desember 2015 lalu. Simak video berikut, dan cermati titik mana saja yang terjadi gempa:

Pada video diatas tampak gempa bumi muncul sebagai lingkaran yang memiliki warna yang berbeda. Warna tersebut mewakili kedalaman dari sumber gempa. Ukuran lingkaran mewakili kekuatan gempa, magnitude. Setiap satu detik pada video mewakili waktu 3 hari. Jika dilihat secara terus menerus, hampir setiap detik ada aktifitas yang terjadi di bumi kita. Perbatasan lempeng tektonik pada video tersebut sungguh jelas, terlihat gemerlap bak pohon natal. Ya, itulah lempeng tektonik.


Baca Juga: Ilmuwan Baru Saja Menemukan Bulan Kedua milik Bumi?!


Di akhir video terlihat setiap gempa yang tercatat selama periode 15 tahun akan muncul, diikuti dengan gempa bumi yang lebih besar dari magnitude 6,5 dan 8. Periode tersebut mencakup beberapa peristiwa luar biasa. Kru NOAA dalam video juga meliputi gempa yang menyebabkan tsunami dahsyat yang menghancurkan beberapa daerah.

this-animated-map-shows-every-single-earthquake-in-the-past-15-years

Pada dekade terakhir cukup banyak bencana gempa yang melanda Bumi kita, dan gempa tersebut cukup dahsyat. Beberapa dianataranya menyebabkan bencana tsunami, seperti gempa di Sumatra pada tahun 2004 yang berkekuatan 9,1 SR. Gempa tersebut memiliki dampak yang besar di seluruh pesisir Aceh. Beberapa tahun berikutnya di Cili pada tahun 2010 yang berkekuatan 8,8 SR; dan gempa berkekuatan 9,0 SR di lepas pantai timur laut Jepang pada 2011 yang menewaskan hampir 16.000 orang. Gempa di jepang tersebut juga menyebabkan hancurnya reaktor nuklir di Fukushima sehingga seluruh kota harus mengungsi karena radiasinya.


Baca Juga: Korea Bangun Robot Raksasa Untuk Bantu Bereskan Bencana Nuklir di Jepang! (Video)


sumber

SHARE

LEAVE A REPLY