Lihat Indahnya Gambar Awan di Mars dan Fenomena Lightlow

Lihat Indahnya Gambar Awan di Mars dan Fenomena Lightlow

633
gambar awan di mars

Wahan MAVEN baru saja mendapatkan gambar awan di Mars. Citra tersebut didapat dengan menggunakan teknologi UV mendapatkan citra Ultra Violet awan di planet Mars.

Kreasitekno.com — Wahana antariksa milik NASA, MAVEN (Mars Atmosphere and Volatile Evolution) telah mengorbit di Mars. MAVEN memiliki tugas untuk meneliti aktifitas pada atmosfir mars, seperti ketebalan ozon, musim yang terjadi di Mars hingga awan yang mungkin bisa terbentuk. Citra diambil dengan teknologi IUVS (Imaging Ultra Violet Spectograph), sebuah metode pengambilan gambar berbasis sinar Ultra Violet. Dengan teknologi ini, Maven bisa mengambil gambar awan di Mars dan mengabadikannya.

gambar awan di planet mars

MAVEN telah berhasil mengambil wajah Mars yang tak pernah dilihat sebelumnya. Wahana tersebut mengabadikannya dalam video menggunakan empat kamera untuk menampilkan tujuh jam Mars berotasi.


Baca Juga: Canggihnya Roket Untuk Perjalanan ke Planet Mars!


“Maven mendapat banyak citra beberapa bulan terakhir ini. Hal ini memberikan citra terbaik dengan metode Ultra Violet yang pernah kita dapat,” ujar Nick Schneider dari University of Colorado, Boulder Amerika Serikat.

Dalam citra yang diambil oleh MAVEN, Mars tidak terlihat merah seperti biasanya melainkan berwarna kekuningan. Hal itu karena MAVEN mengambilnya dengan kamera IUVS. Video tersebut merekam aktifitas Mars saat malam. Terlihat fenomena yang menakjubkan dimana Mars terlihat berkilauan. Fenomena itu sendiri disebut nightglow.

Nightlow timbul disebabkan oleh Nitrogen Oksida (NO). Gas tersebut terbentuk oleh sinar ultraviolet dari matahari saat siang yang memecah molekul gas karbon dioksida dan nitrogen. Atom hasil pemecahan molekul itu dibawa angin mengelilingi mars. Malamnya, atom itu turun ke lapisan atmosfer yang lebih rendah, sehingga membentuk gas Nitrogen Oksida. Proses tersebut menghasilkan energi yang menjadi cahaya UV.


Baca Juga: Di Masa Depan, Kita Bisa Bertamasya Ke Planer Mars!


Fenomena nightglow ini sudah lumrah terjadi, tetap MAVEN telah berhasil merekam fenomena ini pertama kali di Mars. Di siang hari MAVEN berhasil merekam fenomena UV secara detail pada atmospher di sekitar kutub selatan. Hal ini mengakibatkan terbentuknya lapisan ozon pada kutub selatan Mars di di musim semi. MAVEN juga berhasil mendokumentasikan fenomena pembentukan awan di gunung raksasa Mars.

“Orbit MAVEN sangat pas. Dia mengorbit cukup tinggi untuk mengambil citra global tapi mengobrit cepat sehingga bisa mengambil sejumlah wajah mars dari hari ke hari,” kata Justin Deighan dari University of Colorado yang mempimpin observasi dengan MAVEN. Wahana MAVEN diluncurkan sejak November 2013, bertugas mempelajari atmosfer mars. Dengan MAVEN, ilmuwan berharap menemukan kemungkinan Mars mendukung kehidupan pada masa lalu dan saat ini. Jika diperlukan bisa dilakukan Terraformar di planet Mars.

Sumber

SHARE

LEAVE A REPLY