Foto Bunker Kiamat Svalbard: Menyimpan Benih dari Seluruh Dunia

Foto Bunker Kiamat Svalbard: Menyimpan Benih dari Seluruh Dunia

1250
foto bunker kiamat

Penasaran isi bunker kiamat Svalbard di Kutub Utara? Yuk, kita lihat bersama foto bunker kiamat Svalbard di dalam artikel ini…

Kreasitekno.com — Sudah cukup banyak film yang mengangkat tema kiamat, dan paling digemari adalah yang bertema zombie dan alien. Beberapa skenario kiamat juga bisa diramalkan seperti bencana alam, perubahan iklim seperti pada film Day After Tommorow, atau perang Nuklir seperti pada game seri Fallout. Untuk mengantisipasi hal tersebut dibuatlah sebuah bunker untuk menyimpan benih yang bernama Svalbard Global Seed Vault. Bunker kiamat tersebut terletak 122 meter di bawah permukaan laut, jauh di dalam gunung. Berada di pulau antara negara Norwegia dan Kutub Utara. Pembangunan bunker ini menghabiskan biaya US$ 7 juta. Terowongan itu berada di gunung di wilayah Svalbard Norwegia. Ruangan ini juga dijaga, agar suhunya terus di bawah nol derajat celcius. Bunker kiamat itu diresmikan oleh PM Norwegia Jen Stoltenberg dan pemenang Nobel Wangari Maathai. Berikut adalah posisi tepatnya lokasi foto Bunker Kiamat Svalbard.

1

Bunker ini berisi tiga ruangan aman, berada di ujung terowongan sepanjang 125 meter. Fasilitas itu bukan sebagai pengganti bank tanaman pangan milik suatu negara tapi juga seluruh dunia. Bunker ini setidaknya menyimpan lebih dari setengah juta spesies dari penjuru dunia. Jika kalian penasaran dengannya, berikut adalah beberapa Foto Bunker Kiamat Svalbard serta bagaiamana keadaan didalamnya.

3

Bunker ini terkubur di suhu tempat yang sangat dingin, dan akan beku hingga 200 tahun kedepannya meski tanpa supplai listrik untuk mendinginkannya.

4

Bunker ini mendapat sumbangan lebih dari 60 institusi dari hampir semua negara di dunia. Memiliki koleksi 1500 sample benih. Menjadikan pusat backup benih didunia. Gambar diatas merupakan foto teknisi sedang mengepak benih.

5

Gambar di atas adalah foto Teknisi sedang melakukan sorting benih.

6

Robert Zeigler, Director General dari Philippines-based International Rice Research Institute, menunjukan berbagai sampel padi yang akan dikirm ke Svalbard.

7

8

Bunker ini hanya dibuka saat melakukan kegiatan penyimpan yang terjadi hanya tiga hingga empat kali dalam setahun.

9

Ada lima lapis pintu yang dikunci dengan akses kode

10

Pengamanan cukup ketat juga, ditambah personil pengamanan alami,  beruang kutub.

11

Suhu didalam dijaga dengan suhu -18oC, suhu yang cukup untuk menyimpan bibit tersimpan hingga ribuan tahun.

12

Sejauh ini, ada lebih dari 860.000 sampel yang dikumpulkan Svalbar sejak dibuka tahun 2008. Setiap sampelnya berisi sekitar 500 buah bibit.

13

Masih ada ruang yang cukup untuk menyimpan 4,5 juta sample lagi.

14

Bibit tersegel rapat dan disimpan dalan box untuk menghindari kerusakaan saat penyimpanan.

sumber

SHARE

LEAVE A REPLY