Tak Perlu Takut Ngompol, Gunakan Saja Fitur Terbaru Google Maps Ini!

Tak Perlu Takut Ngompol, Gunakan Saja Fitur Terbaru Google Maps Ini!

314
Female executive running to the toilet

Google Maps merilis fitur layanan baru, yakni pencarian toilet umum terdekat dan paling mumpuni! Bagaimana mekanismenya? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut!

Kreasitekno.com  Seyogyanya sebuah teknologi memang dirancang untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya, termasuk kebutuhan sehari-hari. Dalam hal ini, Google pun tak mau kalah kalau sudah berbicara soal teknologi. Dari yang melibatkan proyek besar dengan dana triliunan rupiah sampai yang terkecil pun, semuanya akan tetap ditangani oleh Google. “Proyek kecil” yang dimaksudkan adalah dalam hal pencarian toilet bersih yang paling dekat posisinya dengan pengguna layanan Google Maps.

fitur pencarian toilet umum terdekat terbersih google map

Yap, kali ini Google Maps tampaknya benar-benar ingin membantu “para pencari toilet umum” dengan menyuguhkan koordinat atau informasi mengenai letak toilet terdekat sekaligus yang paling bersih dari posisi pengguna yang sudah tidak tahan untuk segera buang air. Padahal beberapa bulan lalu, Google Maps sempat terlibat dengan beberapa permasalahan mengenai “hilangnya” letak maupun posisi negara Palestina di peta aplikasi tersebut. Bahkan hal ini turut mengundang reaksi beberapa lembaga dan ormas di Indonesia, termasuk pihak kominfo. Menteri komunikasi dan informatika, Rudiantara, juga sempat unjuk bicara (lebih tepatnya komplain) mengenai permasalahan ini. Dengan sekelumit permasalahan yang terjadi, serta mengingat apa yang dilakukan Google sejauh ini, menawarkan alternatif pencarian toilet terdekat adalah hal yang “menggelitik”.


Baca Juga: Peta Dunia Yang Akurat Ini Tunjukan Kalau Bumi Itu Datar!


Terlepas dari itu, metode alternatif ini memang dirasa akan membawa manfaat bagi masyarakat. Terutama beberapa orang yang sebagian besar waktunya berada di luar rumah, maka alternatif ini benar-benar merupakan sebuah kabar gembira. Layanan pencari tersebut merupakan sebuah fitur dari Google Maps dimana penggunanya cukup dengan mengetikkan kata “toilet” (atau sesuai dengan bahasa setempat), maka akan segera dimunculkan letak toilet umum terdekat. Hasil pencarian tersebut meliputi toilet di dalam pusat perbelanjaan, restoran, dan rumah sakit.

Google Maps fitur pencarian toilet umum terdekat

Sebagaimana yang dilaporkan dari DigitalTrends pada Jum’at (18/11/2016) lalu, India secara resmi menjadi negara pertama yang bisa menikmati fitur tersebut terhitung sejak 15 November dan akan berlangsung hingga 30 November mendatang. Lebih tepatnya, New Delhi menjadi kota pertama di India yang merasakannya. Ada beberapa alasan kuat mengapa India dipilih sebagai pilot project, diantaranya yakni sekitar 70 persen rumah tangga di India dilaporkan tidak memiliki akses ke toilet. Ini yang menyebabkan buruknya masalah sanitasi pada toilet umum akibat penggunaannya yang berlebihan.

Masih belum jelas kapan fitur baru ini dirilis di negara lain, termasuk Indonesia.

SHARE

LEAVE A REPLY