Fitur Baru Facebook Mendukung Program Penanggulangan Bencana

Fitur Baru Facebook Mendukung Program Penanggulangan Bencana

258
Fitur Baru Facebook

Facebook selama ini dikenal sebagai medsos tempat nongkrong, sarana berbagi informasi, dan interaksi saja. Pengembangan terus dilakukan agar tidak terkesan flat begitu saja, dan kini Facebook sudah memiliki fitur baru yaitu sebuah map untuk menolong orang-orang yang terkena bencana alam. Terobosan ini sangat spektakuler pasalnya manfaat yang diberikan bukan soal bisnis atau hiburan saja, akan tetapi menolong nyawa!

Tapi tunggu dulu, akses ke aplikasi tersebut tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, akan tetapi Facebook menunjuk pihak-pihak yang dapat dipercaya merahasiakan privasi. Dalam penggunaanya sementara ini masih ada tiga lembaga yang ditunjuk yaitu UNICEF, Red Cross dan World Food Programme. Rencananya Facebook juga akan memberikan akses ke lembaga-lembaga lain yang memiliki kredibilitas, seperti yang dilaporkan oleh Engadget, Kamis (8/6/2017).

Apa saja keunggulan dari aplikasi terbaru Facebook tersebut?

Untuk mendukung program penanggulangan bencana itu Facebook telah membuat tiga jenis map. Fungsinya adalah untuk menelusuri korban-korban bencana alam yang selamat setelah kejadian berlangsung.

Map yang pertama dikembangkan dari teknologi Facebook yang sudah ada yang diberi nama dengan location density map. Dengan map tersebut lembaga yang memiliki otoritas bisa melacak keberadaan orang sebelum kejadian, selama kejadian berlangsung dan setelah kejadian. Seperti fakta yang ditemukan pelacakan menggunakan teknologi jaringan komunikasi tradisional cukup susah untuk menangani bencana. Oleh karena itu, Facebook berharap map tersebut dapat memetakan secara akurat lokasi mana saja yang paling parah terkena dampak.

Map kedua diberi nama movement map. Map tersebut dapat mengidentifikasi gerakan dalam periode waktu tertentu di lokasi bencana. Fungsinya, agar para tim penanggulangan bencana dapat memberikan pasokan akomodasi dengan mudah setelah bencana. Selain itu map tersebut juga bisa mengakomodir lalu lintas alternatif ketika ditemui bahwa lokasi bencana tersebut sangat padat dengan kendaraan.

Baca Juga :

Map ketiga adalah social networking company. Fungsinya untuk memetakan lokasi aman yang bisa dijadikan tempat berlindung sementara. Sehingga pihak-pihak terkait bisa dengan mudah merekomendasikan tempat tersebut untuk ungsian.

Sumber : engadget

SHARE

LEAVE A REPLY