Fitur Baru di Play Store: Coba Dulu Sebelum Pasang atau Beli

Fitur Baru di Play Store: Coba Dulu Sebelum Pasang atau Beli

383
Fitur Baru di Play Store: Coba Dulu Sebelum Pasang atau Beli

Menyusul setelah pengumuman Google yang pertama kali dibuat beberapa waktu lalu untuk membawa dampak perubahan yang cukup penting dalam ekosistem Play Store. Ancang-ancang yang kini sudah terdengar kabar-beritanya, Google akan membuat iklim Play Store lebih nyaman baik buat developer aplikasi maupun konsumen Android.

Untuk developer Google berencana merubah model insentif bagi hasil (sampai saat ini belum diberlakukan) dan untuk konsumen Google telah menambah fitur baru yaitu Instant Apps. Keduanya merupakan langkah yang sangat menarik karena bisa jadi pertanda bahwa iklim Play Store akan lebih baik lagi.

Instant Apps merupakan bentuk evolusi dari layanan yang diberikan melalui Play Store. Melalui fitur tersebut seluruh pengguna Android bisa lebih menyeleksi mana aplikasi yang layak diinstall sehingga tidak perlu bolak-balik download/install.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan waktu yang digunakan oleh pengguna Play Store hanya untuk download atau jajal aplikasi, seperti yang dikutip dari Business Insider, 24 Oktober 2017. Dengan adanya Instant Apps pengguna bisa menghemat waktu untuk mencari aplikasi yang diinginkan.

Lantas bagaimana cara kerja Instant Apps? Seperti yang kami rangkum dari PC Wolrd, 24 Oktober 2017 yang sudah merasakan fitur tersebut, bahwa Instant Apps akan bekerja seperti halnya browser. Jadi pengguna tidak perlu install apa-apa lagi ketika ingin memanfaatkan Instant Apps.

Memang awal rilisnya ini belum semua aplikasi di Play Store bisa dicoba sebelum install. Akan tetapi sebentar lagi para developer pasti akan menyesuaikan terkait dengan adanya fitur baru tersebut. Kini  Developer Android sudah membuka pintu selebar-lebarnya kepada para developer aplikasi untuk menyesuaikan aplikasinya agar bisa dijajal sebelum diinstall.

Nantinya ketika anda membuka sebuah aplikasi di Play Store, anda akan melihat menu tambahan tepat setelah tombol “Install”, yaitu tombol “Try Now.”


Baca Juga


Nah, ketika anda memilih “Try Now” maka aplikasi otomatis akan terbuka dan anda bisa menjajal fitur-fiturnya. Aplikasi yang dijalankan dengan mode “Try Now” tidak akan tersimpan di ponsel. Ketika anda menutupnya maka demonstrasi juga ikut hilang. Selanjutnya jika anda cocok dengan aplikasi tersebut baru anda memilih tombol “Install” ataupun “Buy” jika aplikasi tersebut adalah berbayar. Mudah-mudahan fitur baru ini bisa segera kita rasakan di Indonesia.

SHARE

LEAVE A REPLY