Firefox Focus Jadi Trending Topik Browser Privat Untuk Android

Firefox Focus Jadi Trending Topik Browser Privat Untuk Android

310
Firefox Focus

Ketika kita melakukan penjelajahan online hampir setiap aktifitas akan meninggalkan jejak. Belum lagi dengan adanya kuki (cookies) yang mengumpulkan data-data pengguna ketika browsing. Meskipun di satu sisi kuki bisa sangat bermanfaat terutama agar kita tidak menginput informasi berulang-ulang ketika menggunakan fasilitas tertentu yang sama dalam layanan online seperti website atau forum, namun disisi lain ada informasi-informasi sensitif yang seharusnya tidak direkam.

Pada dasarnya hampir semua browser baik untuk perangkat PC ataupun smartphone Android sudah memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk membuat pengaturan lanjutan tentang riwayat browsing dan kuki. Pun demikian, pengaturan yang njlimet membuat orang malas mengakses pengaturan tersebut.

Mozilla nampaknya peka terhadap kebutuhan masyarakat pengguna Android (lebih dulu ada di iOS) dan mengemas semua pengaturan terkait privasi dan riwayat jelajah dalam sebuah browser baru dengan setingan default yang sangat privat. Peramban tersebut dinamai Mozilla Firefox Focus.

Apa yang menjadikannya sangat unik, peramban ini memiliki fitur anonim. Jadi anda bisa berselancar ria menjelajahi internet tanpa mengirimkan identitas asli sama sekali. Kedua, ada fitur pemblokir iklan. Jadi anda tidak perlu ekstensi lain untuk menyembunyikan iklan yang sangat mengganggu. Browser ini juga tidak meninggalkan riwayat penjelajahan, jadi sangat menjaga privasi pengguna.

Selain dari fungsi, browser Firefox Focus datang dengan layout super sederhana. Bahkan disini anda tidak bisa membuat new tab, oleh karena itu tidak cocok untuk melakukan searching meskipun browser ini juga datang dengan search engine populer seperti Google dan Yahoo. Intinya anda harus fokus dan to the point ketika menggunakan browser ini. Misalnya langsung untuk mengunjungi alamat situs tertentu.


Baca Juga Chrome Siapkan Sistem Baru Untuk Blokir Iklan


Ada sebuah fitur yang menurut sebagian pengguna sangat bermanfaat yaitu ‘aktifkan/non-aktifkan kostumisasi font’. Jika diaktifkan maka font yang muncul adalah versi standar yang ringan dan hemat kuota internet.

Menurut  informasi yang dilansir oleh Beritateknologi, Senin (24/7/2017), Mozilla Firefox Focus sudah diunduh hingga satu juta kali, meski browser ini baru berumur satu bulan di Google Play.

SHARE

LEAVE A REPLY