Fermi Paradox: Inilah Alasan Kenapa Kita Belum Berjumpa Alien Sampai Saat Ini!

Fermi Paradox: Inilah Alasan Kenapa Kita Belum Berjumpa Alien Sampai Saat Ini!

698

fermi paradox teori keberadaan alien

Jika dilihat dari sejarah manusia yang hanya sekitar 10 ribu tahun dibandingkan dengan usia bumi kita yang mencapai 4,5 milyar tahun, kita cukup jauh dari fase 2. Terus nih, jika peradaban manusia cukup maju di 2 miliar tahun ke depan bagaimana rupanya? Pastinya sudah bisa mendekati Peradaban Tipe III. Nah kalau dihitung–hitung usia galaksi kita sudah 8 miliar tahun lamanya, pastinya ada satu atau dua alien yang cukup pinter yang sudah ada sebelum manusia sudah mencapai fase III dan menguasai Bima Sakti. Atau sebuah peradaban yang akan atau telah mencapai fase III mendeteksi hawa keberadaan manusia dan say hai ke kita lewat suatu sinyal tertentu. Tapi sampai sekarang dimana mereka dan kenapa kita tidak melihat satupun dari mereka? Fermi Paradox menjelaskan kenapa kita masih kesepian.

Ada dua golongan dalam Fermi Paradox dimana yang satu mengakui adanya peradaban tipe II dan seterusnya yang satunya tidak mengakui peradaban diluar dari tipe I:

Golongan pertama adalah tipe dimana tidak mengakui adanya peradaban diluar tipe I dikarenakan ada sebuah teori dimana peradaban tidak akan pernah keluar dari “Great Filter”. Pada suatu kurun waktu, semua peradaban berlomba-lomba berevolusi dari tipe 0 ke tipe diatasnya, sampai suatu saat mereka terbentur dinding yang memfilter sebagian besar dari mereka. yang memungkinkan cuma segelintir saja dari mereka yang bisa terus berevolusi ke tahap berikutnya, hal itulah yang disebut dengan “Great Filter”.

Dari golongan tipe pertama, ada beberapa kemungkinan:

  • Kita adalah hal langkah? Bisa jadi kita adalah spesies yang langkah hingga bisa melewati Great Filter. Saat sebuah meteor membinasakan bumi, beberapa manusia bisa bertahan hingga mencapai evolusi dimana manusia bisa menjadi peradaban tipe I. Dan tidak semua spesies atau peradaban mampu sampai pada tahap ini.

  • Kita yang pertama! Jika yang satu ini menjadi jawaban, kita sudah tahu penyebab kita sendirian di lautan bintang.

  • Atau kita akan bertemu dengan Great Filter!? Jika hal ini terjadi kita harusnya bersiap untuk menghadapi hal yang paling buruk!

fermi paradox alien

Untuk Golongan selanjutnya, dimana tipe II dan III diakui memang ada tetapi kenapa kita masih belum bertemu dengan meraka Cukup banyak teori mengenai hal ini, seperti:

  • Bumi kita berada di pinggiran Bima Sakti, atau berada di pelosok galaksi, dimana intensitas bintang di wilayah ini cukup sedikit.
  • Teknologi kita terlalu primitif untuk berkomunikasi dengan mereka!
  • Mereka pernah mampir ke Bumi saat manusia belum ada atau saat jaman pra sejarah.
  • Peradaban tipe III tidak mau ikut campur dengan urusan peradaban primitif semacam kita. Sama seperti dalam film Star Trek dimana peradaban primitif tidak boleh diganggu oleh urusan galaksi.
  • Galaksi dalam perang bintang dan mereka pada ngumpet di planet mereka sendiri–sendiri.

Baca Juga: Bumi Super GJ 356 B, Planet Mirip Bumi Ini Kemungkinan Ber-Alien!?


Memang semua di atas masih menjadi teori yang manusia masih mencoba untuk membuktikannya dengan melakukan observasi, melakukan misi luar angkasa hingga berencana mendirikan koloni di luar angkasa.

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY