Fermi Paradox: Inilah Alasan Kenapa Kita Belum Berjumpa Alien Sampai Saat Ini!

Fermi Paradox: Inilah Alasan Kenapa Kita Belum Berjumpa Alien Sampai Saat Ini!

482
fermi paradox apakah alien itu ada

Jika alien benar-benar ada, kenapa kita tidak pernah bertemu dengan mereka? Berikut ini teori Fermi Paradox yang menjelaskan alasan kenapa demikian!

Kreasitekno.com — Jika kita melihat langit malam, banyak bintang yang bertebaran di langit. Sebegitu banyaknya bintang pasti ada planet yang mengiringinya. Nah kita juga sering melihat banyak film bertema Sci-Fi yang mengulas alien yang hidup di planet selain bumi. Nah dari sekian ribu bintang dan berjuta–juta planet di galaksi Bima Sakti, kenapa tidak ada yang nyamperin bumi kita? Atau kenapa kita belum menemukan mereka? Jika berdasarkan pada Drake Equation, seharusnya kita sudah bertemu dengan 1000 lebih alien yang berbeda yang ada di Bima Sakti kita ini. Nah, semua ini pertanyaan itu dijawab dalam sebuah teori bernama Fermi Paradox. Sebuah teori yang menjawab kenapa kita belum bertemu alien sampai saat ini.


Baca Juga: Ilmuwan Baru Saja Menemukan “Bulan Kedua” milik Bumi?!


Sebelum beranjak ke Fermi Paradox, adakalanya kita memahami dulu tiga tahap/tipe peradaban makhluk hidup dialam semesta ini yang dikemukakan oleh Nikolai kardashev di tahun 1964.

Peradaban Tipe I: Peradaban sebuah makhluk hidup yang sudah bisa menggunakan planet tempat tinggalnya sebagai sumber energinya, bahkan cenderung menghabiskan sumber daya planet itu sendiri. Menurut Carl Sagan kita masih belum mencapai tahap ini, atau bisa dibilang masih 0,7.

Peradaban Tipe II: Peradaban di tahap ini sudah menguasai planet induknya. Dan bahkan bisa mendapatkan energi dari bintang induk mereka. Energi dari bintang induknya dimanfatkan secara maksimal. Freeman Dyson berpendapat ditahap ini manusia dapat membuat sebuah kubah raksasa untuk menutupi seluruh permukaan matahari dan memanen energinya tanpa ada energi yang terbuang sia sia. Kubah ini dinamakan Dyson Sphere. Atau jika kita menonton film Star Wars sebiah Death Star yang bisa memanen sebuah bintang untuk dijadikan peluru.

Peradaban Tipe III: Di tahap ini sebuah peradaban telah cukup pesat melaju, dimana teknologi sudah bisa menuai energi dari seluruh bintang di galaksi, termasuk black hole dipusat galaksi.

Di skala Kardashev juga punya versi lain dimana memuat hingga tahap IV dan V:

Peradaban Tipe IV: Peradaban saat ini sudah diluar nalar. Dimana perdaban sudah bisa mengarungi antar dimensi dan bisa dengan leluasa mengarungi dunia 4 dimensi. Dikatakan juga peradaban tipe IV bisa mengarungi waktu secara leluasa.

Peradaban Tipe V: Di tahap ini peradaban sudah sangat diluar nalar, bisa dikatakan immortal dan juga omnipotent—GOD like!

Penjelasan Lebih Dalam Mengenai Fermi di halaman selanjutnya . . .

1
2
SHARE

LEAVE A REPLY