Fact Check: Fitur Baru Google Ini Bisa Memberantas Berita Hoax!

Fact Check: Fitur Baru Google Ini Bisa Memberantas Berita Hoax!

608
fact check google

Tak perlu lagi takut akan berita hoax, karena Google telah memiliki fitur Fact Check!

Kreasitekno.com — Google berencana meluncurkan Fact Check fitur baru di search mesin pencarinya. Fitur tersebut akan cross-check berita dengan fakta sehingga akan memberitahu kita bahwa suatu berita itu fakta ataukah hanya hoax. Fitur ini sendiri akan muncul di Google News dan Google mengklaim bahwa Fact Check akan “menyinari fakta dan membedakannya dari fiksi”.

Menurut Richard Gingras, kepala bagian News di Google, fitur ini akan membantu pembaca menemukan bukti dari berita yang sedang booming. Ketika kita men-search suatu berita di Google, maka tag Fact Check akan muncul dan tergabung dalam kolom baris hasil penulusaran. Google juga sudah menerapkan metode serupa seperti: in-depth, highly cited, Wikipedia dan local source sejak 2007 lalu. Nah, fitur Fact Check tentunya akan ini menambah kredibilitas dari berita/news yang kita cari di google.

fact-check

Yang pasti, fitur ini bukan berarti Google akan melakukan fact-checking satu persatu, tetapi kualitas dari berita tersebutlah yang menentukannya. Jika memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh Google, maka publikasi/berita tersebut akan mendapatkan tag Fact Check.

Google akan menggunakan algoritma yang diulas oleh Schema.org. Untuk memastikan sebuah artikel fakta harus memenuhi beberapa kriteria dari sistem yang disebut Claim Review. Beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Google antara lain: latar belakang dari berita yang dimaksud, klaim dan fakta harus mudah diidentifikasi dalam artikelnya, dan analisa mesti transparan dengan menyebutkan sumber dan metode yang dipakai, menyertakan kutipan dan referensi terhadap sumber utama. Oh, serta tidak lupa organisasi penerbit artikel tidak terkait atau terikat secara langsung atau tidak langsung dengan partai politik tertentu, transparan soal sumber pendanaan, serta hal lain yang terafiliasi dengannya. Jika memenuhi kriteria dari Claim Review di atas, maka Google akan memberikan tag Fact Check.

fact-check-google

“Kita akan melihat tanda artikel (Fact Check) ini ditampikan di news.google.com atau di aplikasi Google News dan Weather untuk iOS dan Android,” ujar Head of Google News Richard Gingras melalui laman blog Google seperti dikutip dari Wired, Senin (17/10/2016).

Mungkin dikarenakan kendala bahasa dan masih dalam proses pengembangan fitur Fact check baru tersedia untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat dan Inggris. Semoga saja cepat dirilis di Indonesia. Dengan begitu media dan pejuang keyboard di tanah air bisa lebih pintar dalam menanggapi isu yang cukup sensitif.

SHARE

LEAVE A REPLY