Facebook Tak Akan Toleransi Lagi Aktifitas Cloaking

Facebook Tak Akan Toleransi Lagi Aktifitas Cloaking

312
Facebook Tak Akan Toleransi Lagi Aktifitas Cloaking

Secara teknis cloaking dapat diartikan sebagai sebuah teknik optimasi mesin penelusur (SEO) dimana seorang aktor memanipulasi konten agar terlihat berbeda di mata search engine spider dan di mata browser pengguna.

Kegiatan cloaking ini sering dimanfaatkan oleh kreator tidak bertanggung-jawab yang ingin menyebarkan konten tertentu atau iklan untuk mengeruk keuntungan sendiri tanpa memperdulikan etika penggunaan internet. Jelas, hal tersebut sangat merugikan konsumen karena halaman atau iklan yang ditampilkan tidak relevan dengan isi asli iklan atau halaman tersebut. Cloaking dilakukan kebanyakan untuk mengelabuhi mesin penelusur.

Berikut ini adalah aktifitas cloaking yang marak dilakukan di Facebook seperti yang dikutip dari Facebook Newsroom, Minggu (13/8/2017): “Intinya sang pembuat konten ingin menyamarkan tujuan sebenarnya dari sebuah iklan, posting ataupun konten dari sebuah halaman agar lolos proses review oleh Facebook”.

Misalnya seseorang ingin melancarkan aksi penipuan berkedok jualan obat kuat di Facebook. Karena hal tersebut tidak mungkin lolos dari review jika tanpa cloaking, maka seseorang tersebut membuat satu halaman lagi yang isinya berbeda (misalnya resep makanan).

Nah, resep makanan itulah yang akhirnya direview oleh tim Facebook. Padahal, link halaman atau iklan tersebut sejatinya mengarah ke penipuan yang berkedok jualan obat kuat. Hal ini jelas melanggar aturan komunitas dan aturan periklanan di Facebook. Oleh karena itu Facebook kini sudah membuat aturan tegas terhadap aktifitas cloaking.

Kini Facebook sudah lebih pintar dalam mengenali cloaking yaitu dengan teknologi artificial intelligence dibantu dengan tenaga ahli yang lebih banyak. Semua itu akan dikerahkan untuk menganalisis konten-konten yang teridentifikasi sebagai cloaking.


Baca Juga Mark Zuckerberg Berkomitmen Bahwa Facebook Melawan Berita Hoax!


Facebook mengaku bahwa akhir-akhir ini telah memusnahkan ribuan aksi cloaking. Selain itu Facebook juga akan bekerja sama dengan pihak lain untuk menemukan cara-cara baru untuk memerangi dan memberi sanksi atas aktor-aktor yang tidak bertanggung-jawab.

Sanksi bagi mereka yang masih melakukan kegiatan ini sangat jelas baik untuk pengiklan maupun pemilik halaman. Bagi pengiklan, sanksinya adalah blokir langsung. Untuk pemilik halaman di Facebook yang terlibat aksi cloaking, mereka akan langsung disingkirkan.

SHARE

LEAVE A REPLY