Facebook Perkenalkan Platform Streaming Video Eksklusif

Facebook Perkenalkan Platform Streaming Video Eksklusif

86
Facebook Perkenalkan Platform Streaming Video

Sudah sekian kali mimpi-mimpi besar Facebook disampaikan. Dan dari sejuta mimpi, sebagian sudah dapat dinikmati oleh pengguna. Situs jejaring sosial nomor satu di dunia tersebut kini sedang mengembangkan sayap untuk menciptakan platform streaming video.

Apakah Facebook sedang melirik konsep YouTube? Sepertinya tidak karena Facebook akan mengisi platform baru tersebut dengan video eksklusif ber-episode.

Melalui posting resminya di Facebook Newsroom, platform tersebut dinamai dengan Watch. Watch adalah platform shows yang akan diisi oleh Facebook sendiri dengan berbagai episode video baik yang disiarkan secara langsung maupun rekaman. Shows yang ditampilkan dikelompokkan dalam tema tertentu dan berbentuk storyline. Agar pengguna tidak ketinggalan video-video yang akan ditayangkan, Facebook juga memfasilitasi sebuah Watchlist.

Dengan hadirnya Watch, merupakan sebuah babak baru Facebook untuk menapakkan langkah ke dalam industri Televisi, seperti yang disampaikan oleh 9to5google, Kamis (10/8/2017). Uniknya, Watch akan fokus untuk menayangkan video-video kepada anda secara personal berdasarkan rekomendasi. Itu bisa terkait dengan apa yang sedang dibicarakan, apa yang bisa membuat orang tertawa, atau video apa yang teman anda sedang tonton saat itu.

Tak kalah menarik, unsur sosial tetap dipadukan dalam platform Watch. Artinya anda tetap bisa menonton video sambil melihat-lihat komentar dan reaksi orang-orang yang melihat video tersebut. Jika anda ingin berpartisipasi ke dalam diskusi atas video tersebut, anda bisa melakukannya melalui sebuah grup khusus yang disajikan oleh Facebook.

Watch juga dibuat sebagai sarana baru bagi kalangan publiser dan kreator untuk menjaring audien baru, membuat komunitas dan mendapatkan nilai ekonomi dari apa yang mereka publikasikan. Facebook memberikan contoh tayangan apa saja yang bisa dikomersilkan seperti tayangan langsung dari seorang motivator, pertandingan olahraga serta even langsung lainnya. Semua itu difasilitasi baik secara langsung (live) maupun rekaman. Cukup menarik bukan?

Sayangnya Watch masih diperuntukkan bagi komunitas tertentu di teritori Amerika saja untuk saat ini. Kemungkinan besar Facebook juga mengekspansi fitur tersebut di luar Amerika. Demikian juga untuk kreator dan publisher.

SHARE

LEAVE A REPLY