Facebook Patenkan Kacamata Pintar AR Oculus: Canggih dan Transparan

Facebook Patenkan Kacamata Pintar AR Oculus: Canggih dan Transparan

365
Facebook Patenkan Kacamata Pintar AR

Figur hak patent atas kacamata pintar berbasis augmented reality sudah ditunjukkan oleh Facebook dan sudah tersebar di berbagai media.

Bentuknya cukup sederhana tapi sangat canggih dan memiliki display transparan. Mimpi sang juragan socmed terbesar tersebut tampaknya akan segera terwujud untuk membuat orang-orang saling terhubung melalui sebuah kacama mata pintar.

Tidak seperti kacamata VR besutan Oculus (sebuah divisi di bawah naungan Facebook), kacamata AR ini akan lebih heboh lagi. Jika teknologi VR hanya menunjukkan obyek yang sifatnya artifisial, maka AR dapat menempatkan obyek virtual ke dalam dunia nyata.

Contoh teknologi AR adalah yang digunakan oleh Snapchat. Snapchat menggunakan filter yang dinamakan Lenses untuk membumbuhi foto dengan lukisan, topeng dan lain sebagainya. Kacamata AR milik Facebook ini tentu lebih canggih dari itu dan sifatnya wearable alias dapat dipakai.

Akhir-akhir ini ada sejumlah perusahaan raksasa yang juga mengembangkan teknologi augmented reality. Sebut saja Apple, yang memiliki platform ARKit, sebuah teknologi AR untuk iPhone dan iPad. Contoh lainnya adalah kacamata AR milik Google, yaitu Google Glass Enterprise Edition yang segmentasinya dikhususkan bagi kalangan industri dengan bandrol harga selangit.

Sepertinya Facebook akan mengisi kekosongan di segmen wearable dengan produk kacamata AR yang diproyeksikan selesai pada tahun 2022 seperti yang dilaporkan oleh The Telegraph, Senin (21/8/2017). Bukan waktu yang panjang untuk menciptakan keajaiban seperti itu.

Baca Juga :

Rival yang saat ini sudah tampak adalah Microsoft dengan Hololens headset dan Snapchat dengan Spectacles. Karena bermain di kancah yang agak berbeda, Facebook masih memiliki senjata pamungkas untuk mengalahkan semua itu. Produk kacamata pintar ini akan langsung ditangani oleh Oculus, yang sekarang sudah terbukti dengan Oculus Rift VR headset-nya.

Oculus Rift sampai hari ini masih jadi barang idaman setelah sang pembuat menerapkan sebuah teknologi jejaring sosial virtual yang bernama aplikasi Spaces. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa berinteraksi dengan pengguna Facebook lain dan bisa langsung posting gambar dan video ke profil mereka. Nah, melihat hal itu, kacamata pintar AR milik Facebook kemungkinan akan lebih hebat lagi.

 

SHARE

LEAVE A REPLY