Facebook Messenger Buka Lahan Basah Bagi Para Pengembang Game

Facebook Messenger Buka Lahan Basah Bagi Para Pengembang Game

310
Facebook Messenger Buka Lahan Basah Bagi Para Pengembang Game

Belum genap setahun setelah Facebook menambahkan fitur ‘Game Instant’ pada aplikasi Messenger (yang bisa anda akses pada menu bawah paling kanan pada aplikasi Messenger) kini Facebook akan mengambil langkah lebih jauh lagi. Sepertinya langkah yang diambil tersebut akan segera meramaikan Messenger dengan adanya lebih banyak game ber-platform HTML5.

Facebook ternyata memiliki trik cerdas untuk mengundang para developer game, yaitu memperbolehkan mereka untuk menambang pundi-pundi dolar dengan in-app purchase ataupun menaruh iklan berupa ‘rewarded video ads’.

‘Rewarded video ads’ malah bisa menarik perhatian konsumen terutama jika disisipkan pada game-game level sulit. Sebagai ganti pemain akan mendapatkan hadiah virtual ataupun bonus life setelah menonton iklan video berhadiah.

Facebook dinilai lebih cerdas lagi soal keputusannya dalam rundingan bagi hasil. Karena fitur in-app purchase tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum sepenuhnya roll out, maka Facebook tidak banyak mempersoalkan soal share revenue atau bagi hasil atas in-app purchase antara Google Play dan developer.

Sementara Facebook lebih mengalah dengan mengikuti aturan Google Play, yaitu dengan pembagian keuntungan 70:30 antara Google Play dan developer. Jadi Facebook tidak mendapatkan apa-apa. Baru ketika program IAP di Messenger nantinya benar-benar sudah roll out, Facebook mungkin akan mengambil sebagian jatah yang diperoleh oleh developer, seperti yang dikutip dari TechCrunch, 20 Oktober 2017.

Program ini masih bersifat beta, jadi para developer game bisa mengintip cara kerjanya melalui link berikut ini. Karena sumber iklan tersebut nantinya sebagian besar juga diambil dari Facebook Audience Network, maka para advertisers juga diberi kebebasan memilih jika iklannya tidak ingin ditampilkan pada game Messenger.

Bersamaan dengan program tersebut Facebook juga membikin sebuah alat pengukur iklan serta beberapa alat untuk optimasi game bagi developer agar mereka bisa dengan mudah memasukkan game ke dalam direktori.


Baca Juga Oculus Go, Headset VR Versi Murah Garapan Facebook


Facebook Messenger kini telah memiliki lebih dari 1.3 milyar pengguna, dan itu merupakan momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Diharapkan, Messenger bukan hanya sekedar alat chating konvensional, sehingga orang dapat melakukan sesuatu yang lebih.

SHARE

LEAVE A REPLY