Mark Zuckerberg Berkomitmen Bahwa Facebook Melawan Berita Hoax!

Mark Zuckerberg Berkomitmen Bahwa Facebook Melawan Berita Hoax!

580
Facebook melawan berita hoax

Facebook melawan berita hoax! Mark Zuckerberg berkomitmen agar media sosialnya bebas dari hoax. Bisakah?

Kreasitekno.com — Berita hoax memang bikin kita risih saat terjun di dunia internet. Berita tersebut kebanyakan dibuat oleh Netizen secara sengaja, untuk memperoleh keuntungan dari berita tersebut seperti clickbait atau hanya sekedar peningkatan trafic saja. Tapi ada juga faktor dari sistem yang membuat berita hoax dan hal itupun masih bisa terhitung jumlahnya. Baru–baru ini juga sang CEO Facebook, Mark Zuckerberg juga pernah diberitakan meninggal dikarenakan kesalahan sistem di aplikasinya sendiri. Kalian bisa baca beritanya di sini. Facebook akan membuat tools untuk melawan berita Hoax. Dengan ini diharapkan Facebook melawan berita hoax yang sering tersebar di media sosial tersebut.


Baca Juga: Facebook Mengabarkan Bahwa Mark Zuckerberg Telah Meninggal!


48c0e98fcf13

Berawal dari banyaknya berita hoax yang banyak tersebar disaat masa pemilu presiden di Amerika Serikat. Berita tersebut banyak beredar di Facebook yang membuat geram sang CEO. Mark Zuckerberg akhirnya memosting beberapa detail proyek untuk “menanggapi informasi yang salah secara serius” termasuk metode verifikasi yang digunakan. Dilansir dari postingan Mark Zuckerberg, beberapa metode yang digunakan Facebook melawan berita hoax adalah sebagai berikut:

  • Stronger detection. Hal yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan untuk mengklasifikasikan informasi yang salah. Ini berarti sistem teknis yang lebih baik untuk mendeteksi berita tersebut dianggap palsu sebelum user menandai berita tersebut merupakan berita palsu.
  • Easy reporting. Mempermudah orang dalam melaporkan sebuah postingan sehingga Facebook bisa menanggapinya secara cepat.
  • Verifikasi pihak ketiga. Ada banyak organisasi yang memiliki “Fact Checking” yang cuup handal. Dengan bantuan pihak luar diharapkan bisa memperkuat sistem yang akan di aplikasikan.
  • Facebook akan mengeksplorasi potingan yang telah ditantai oleh pihak ketiga atau pun masyarakat dan akan memberikan peringatan kepada orang yang akan membaca dan berbagi pada berita tersebut.
  • Meningkatkan kualitas artikel. Meningkatkan algoritma dalam memberikan News Feed.
  • Banyak berita palsu yang digunakan untuk kepentingan “financial”, seperti spam dan phising. Facebook akan meningkatkan kebijkan iklan agar kejahatan spam dan phising bisa diatasi.
  • Masukan dari sisi jurnalis. Dengan mendengarkan masukan dari industri jurnalistik secara spesifik, sehingga bisa memahami sistem “fact checking” milik mereka dan belajar ddari hal tersebut.

Baca Juga: Tidak Ketinggalan, Google telah membuat Fact Check untuk Mesin Pencariannya!


Dari komitmen sang CEO Facebook dalam memberantas berita hoax, patut kita apresiasi. Dewasa ini memang mulai maraknya postingan dan informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan isinya. Dan ini membuat kerugian dari sisi user maupun dari pihak penyedia layanan, dalam kasus ini adalah Facebook. Semoga saja hal ini bisa segara terwujud dan News Feed di Facebook kita lebih beraura positif.

SHARE

LEAVE A REPLY