Facebook Marketplace Kini Punya Listing Mirip Craiglist

Facebook Marketplace Kini Punya Listing Mirip Craiglist

241
Facebook Marketplace

Indonesia memang belum sempat kebagian fitur marketplace facebook seperti yang sudah diberlakukan di Amerika, Inggris, Selandia Baru, Australia, dan negara-negara Eropa akhir-akhir ini seperti Prancis dan Italia.

Ya, fitur marketplace Facebook adalah sebuah pasar online yang mewadai para penjual dan pembeli yang dipertemukan berdasarkan lokasi terdekat. Fitur ini memang sangat menarik untuk mendongkrak bisnis online dan merangsang calon pembeli karena mereka bisa langsung berinteraksi.

Di Indonesia fitur ini merupakan salah satu harapan besar karena maraknya penipuan yang terjadi di pasar online. Marketplace yang dimiliki Facebook merupakan angin segar bagi konsumen online maupun pelaku e-commerce.

Sejak rilisnya pada akhir 2016 lalu, Facebook marketplace sudah menghebohkan masyarakat dunia karena digadang-gadang dapat menjadikan perusahaan sosmed raksasa tersebut sebagai wadah baru dalam berjual-beli. Targetnya tidak tanggung-tanggung, kalau bisa dapat mengalahkan eBay ataupun situs listing jual-beli raksasa seperti Craiglist.

Tepatnya di bulan Februari 2017, Facebook sudah kelihatan serius membawa marketplace-nya sebesar nama Craiglist. Dibuktikan, tampilan marketplace-nya saat itu sudah mirip dengan Craiglist dengan terpampang jelas tulisan “Buy and sell things in your neighborhood” yang artinya kurang lebih “Beli dan jual sesuatu di sekitarmu”. Jelas target dari aktifitas jual-beli tersebut ditujukan untuk lingkup lokal, seperti halnya Craiglist.

Tak lama menunggu, nama marketplace Facebook kini semakin besar. Hal ini dibuktikan adanya kategori baru atas barang atau produk yang bisa dijual-belikan melalui marketplace. Seperti dikutip dari Recode via Engadget, Sabtu (19/8/2017), yang dapat tampilkan di Facebook marketplace kini bisa beragam mulai dari penjualan tiket, kendaraan, dan bahkan lowongan pekerjaan.


Baca Juga Paypal Hadirkan Solusi Penjualan Online Secara Internasional


Deb Liu, Head Marketplace Facebook, menegaskan bahwa “kita dengan senang hati akan meneliti dan melihat apa yang sedang populer dan apa yang diinginkan oleh orang-orang”.

Kedepan Facebook marketplace juga ditargetkan untuk konsumsi perusahaan-perusahaan kaliber besar untuk memasarkan produk mereka. Ini bisa berupa real-estate, mobil, barang-barang elektronik ataupun dan lain sebagainya.

SHARE

LEAVE A REPLY