Eye Recognition Bakal Lazim Digunakan Sebagai Pengaman Perangkat Mobile di Masa Depan!

Eye Recognition Bakal Lazim Digunakan Sebagai Pengaman Perangkat Mobile di Masa Depan!

325
Eye Recognition

Eye Recognition atau sistem pengenalan mata diprediksi akan banyak digunakan sebagai sistem pengaman pada perangkat mobile di masa depan. Bagaimana menurutmu?

Kreasitekno.comSemakin merebaknya kasus cyber crime atau yang biasa kita kenal dengan tindak kriminal dalam sebuah sistem digital tak disangkal lagi membuat banyak pihak mulai mengencangkan ikat pinggang dalam rangka mewaspadai keamanan dari sistem yang sedang mereka gunakan. Sistem keamanan berbasis pengenalan wajah (face recognition) maupun sidik jari dirasa telah kehilangan “taring”nya. Padahal kedua teknologi pengaman tersebut masih tergolong eksklusif, mengingat masih banyaknya masyarakat di dunia ini yang menggunakan model security system berupa kode angka, huruf, captcha, pola gambar, dan yang semacamnya. Jarang sekali akun email ataupun jejaring sosial menggunakan face recognition atau sidik jari sebagai metode untuk mengkonfirmasi identitas pengguna saat ini (atau mungkin karena itulah kasus pembajakan seringkali terjadi).

1945507012-fot011c780x390

Sy Choudhury, Senior Director of Product Management Qualcomm Technologies, menyatakan bahwa sistem keamanan pada perangkat mobile akan semakin canggih dengan adanya sistem identifikasi mata (eye recognition) pengguna. Dalam beberapa tahun ke depan, teknologi ini diprediksi akan banyak dipakai masyarakat untuk mengunci perangkat gadget. Ia juga mengatakan bawa saat ini sistem pengenalan sidik jari saja sudah dianggap cukup untuk mengunci perangkat mobile semisal smartphone. Sedangkan beberapa perusahaan teknologi seperti Nokia, Samsung, Fujitsu, dan Vivo sudah mulai merilis produk yang memiliki fitur keamanan berbasis identifikasi mata.

186454057

Adapun berbagai alternatif lain yang digunakan sebagai security system adalah dengan cara mengkombinasikan lebih dari 1 lapis pengaman, semisal sistem pengenalan wajah, eye recognition, maupun sidik jari. Bisa pula dengan mengubah model identifikasi mata yang mulanya berasal dari iris menjadi retina dengan tujuan untuk mengurangi penambahan hardware pada perangkat smartphone.


Baca Juga: Dari Password menjadi Passthought, Waktunya Log In lewat Pikiranmu!


Penerapan teknologi ini (eye recognition) mungkin masih terkesan “buru-buru” jika melihat kondisi yang ada pada masyarakat saat ini. Karena memang pada kenyataannya banyak orang masih lebih nyaman dan cukup dengan sistem yang ada sekarang, semisal pola garis ataupun kode angka. Bahkan banyak pula yang tidak menggunakan sistem security sama sekali. Melihat kondisi yang ada di masa ini, tampaknya penerapan eye recognition masih “terlalu mewah” dan dini di tengah-tengah masyarakat. Namun lain lagi ceritanya jika ini diimplentasikan dalam beberapa tahun ke depan.

SHARE

LEAVE A REPLY