Era Windows Phone 8.1 Resmi Tamat Hari Ini

Era Windows Phone 8.1 Resmi Tamat Hari Ini

212
Era Windows Phone 8.1 Resmi Tamat

Bersamaan dengan pengumuman resmi dari Microsoft tentang pemberhentian dukungan terhadap Windows Phone 8.1 sekaligus bisa menjadi tanda tamatnya Windows Phone secara keseluruhan. Alasannya, meskipun Windows Phone 10 telah resmi dirilis, kebanyakan user Windows Phone masih bertahan di Windows Phone 8.1 dan ternyata untuk update ke Windows Phone 10, banyak kendala yang harus dihadapi. Benarkah masa Windows Phone akan segera punah?

Kembali melihat usaha Microsoft untuk menyaingi iOS dan Android tujuh tahun silam ketika Windows Phone 7 dirilis, cukup tragis memang. Ketika itu Windows Phone 7 digadang-gadang bisa selangkah lebih maju dibanding iOS dan Android.

Faktanya, OS smartphone besutan Microsoft tersebut tidak mendapatkan respon baik. Meskipun interfacenya cukup menarik terutama pada home screen , fitur-fitur yang dibawanya masih kalah canggih dengan OS besutan Apple dan Goole. Bayangkan sekelas ponsel pintar pada waktu itu masih belum memiliki fitur copy paste teks, sedangkan kompetitor yang notabene masih kalah ngetren dari sisi tampilan sudah lebih pintar.

Ambisi Microsoft masih diteruskan melalui Windows Phone 8 dan 8.1 yang akhirnya juga banyak disesalkan. Pasalnya, pengguna Windows Phone 7 tidak bisa melakukan upgrade ke OS yang lebih baru karena keterbatasan hardware dan teknologi. Nampaknya kekecewaan tersebut kembali terulang dengan pengumuman penghentian dukungan Microsoft ini, ditambah kesulitan pengguna Windows Phone 8.1 migrasi ke OS Windows Mobile 10 yang masih baru saja dirilis dalam hitungan hari.


Baca Juga  HP Windows Phone Terbaik 2016 : Kelebihan Dan Kekurangan LG Lancet


Memang benar bahwa Microsoft menyediakan fasiltias Upgrade Advisor kepada seluruh pengguna Windows Phone 8.1, akan tetapi tidak semua jenis ponsel mendukung fasilitas upgrade tersebut. Berdasarkan data statistik yang diperoleh AdDuplex, seperti yang dikutip pleh ExtremeTech, Rabu (12/7/2017), bahwa pengguna Windows Phone masih bertahan dengan OS Windows Phone 8.1 sebanyak 73.9%. Sisanya mereka sudah upgrade ke Windows Phone 10 atau masih menggunakan Windows Phone 8 dan 7.

Jika dilihat dari data tersebut, kemungkinan  besar pengguna Windows Phone bukan lagi ingin upgrade tetapi mereka bakal lari dan menggunakan handset dengan OS lain.

Sumber : engadget

SHARE

LEAVE A REPLY