Drone Pouncer, Drone Canggih Yang Bisa Kamu “Makan”!

Drone Pouncer, Drone Canggih Yang Bisa Kamu “Makan”!

523

Kreasitekno.com — Saat ini, drone sudah menjadi teknologi kekinian dengan perkembangan yang berkembang pesat. Drone yang bisa dimakan? Kebayang dengan drone Pouncer yang yang satu ini?

Drone Pouncer adalah drone pertama kali di dunia yang dapat dimakan dan diciptakan oleh Nigel Gifford, seorang insinyur dan petualang terkenal. Di tahun 2014, beliau menjadi berita utama ketika menjual perusahaan satelit suryanya “Ascenta” ke Facebook seharga £12.5m ($20m).


Baca Juga: Mengenal Morphex, Si Bola Putih Lucu nan Menggemaskan


Ide dari Drone Pouncer Terkait dengan Latar Belakang Gifford

Dikutip dari Business Insider, ide ini muncul ketika Gifford melihat bagaimana susahnya untuk memasok makanan ketika bencana. Pesawat militer harus menggunakan parasut yang akan memakan waktu dan membutuhkan biaya mahal. Hal ini menghambat pemasokan makanan pada daerah tersebut yang sedang butuh pasokan logistik dan makanan.

Gifford mengaku ide menyematkan makanan pada drone muncul ketika dia diminta membuat drone yang bisa memberikan makanan secara efisien oleh kesatuannya British Army Catering Corps. Dia mengaku idenya berkaitan dengan latar belakangnya sebagai mantan British Army Catering Corps. Dia juga pernah menjalankan ekspedisi ke Gunung Everest.

Tidak Semua Bagian Bisa Dimakan

Drone Pouncer Unik yang Bisa Dimakan

Konsep dari drone ini tidak sepenuhnya dapat dimakan. Namun, ada sebagian komponennya yang terdiri dari bahan makanan. Gifford berharap drone ini bermanfaat untuk memasok makanan dan di’makan’ pada titik perang atau pada zona bencana.

Pada struktur sayap drone Pouncer direncanakan akan terbuat dari makanan dan kompartemen. Bagian utama serta sayap akan diisi dengan jenis makanan yang berbeda. Sedangkan, struktur drone lainnya terbuat dari kayu yang dapat dipecah dan akan berfungsi untuk mendukung aktivitas memasak. Jadi begitu drone itu dibongkar dan dikonsumsi, maka drone sudah tak tersisa.

Bagaimana Drone Ini Terbang?

Agar dapat terbang, Giffor mengatakan bahwa drone akan dibekali dengan sistem navigasi kecil dan sirip kardus. Keduanya akan mengarahkan drone mencapai 10 meter dari titik target yang diinginkan.

Kelebihan dari drone ini adalah kemampuannya yang lebih akurat untuk mengakses titik target dibandingkan akses pesawat lain. Selain itu, pesawat yang terbang pada ketinggian 10 ribu kaki bisa menjatuhkan Pouncer dari ketinggian 21 mil dari titik target untuk kemudian drone dapat mencapai titik target.


Baca Juga: Lumo Play, Gadget Game Augmented Reality Super Unik dan Canggih!


Direncanakan, Project Diproduksi Kurang dari 2 Tahun Lagi

Gifford menjelaskan bahwa saat ini project tersebut masih dalam tahap TLR4. TLR merupakan tingkat kesiapan teknologi dimana setidaknya dibutuhkan 9 tahapan teknis berlisensi (TLR9). Gifford yakin bahwa projectnya akan mencapai titik produksi atau TLR9 dalam waktu kurang dari dua tahun ke depan.

“Saya selalu tertarik dengan seni yang terbilang mustahil. Ketika orang berkata, ‘Well, itu tak akan bisa dilakukan’, mengapa tidak? Tidak ada alasan logis mengapa ini tidak harus dicoba,” terang Gifford.

Wah, semangat yang patut ditiru oleh kita, kaum muda ataupun startup yang sedang berkembang, untuk tidak menyerah ketika orang lain tidak yakin pada kita. Nah, bagi kamu penggemar drone, silakan menantikan kedatangan drone ini, ya!

Via: businessinsider.co.id

SHARE

LEAVE A REPLY