Disney Research Ciptakan Algoritma Komputer Untuk Mengenali Formasi Sepak Bola

Disney Research Ciptakan Algoritma Komputer Untuk Mengenali Formasi Sepak Bola

321
Disney Research Ciptakan

Sebuah algoritma baru ditemukan oleh para peneliti Disney Research, yaitu lembaga riset yang menopang The Walt Disney Company.

Berbagai terobosan telah diciptakan dari jaringan laboratorium Disney Research. Setelah menemukan teknologi AI untuk mengevaluasi naskah cerita pendek, lembaga tersebut kembali mengejutkan dengan temuanya tentang algoritma komputer yang dapat secara otomatis mengenali formasi permainan sepak bola. Bukan hanya itu, algoritma tersebut juga bisa mengidentifikasi strategi pertahanan lawan.

Tentunya Disney Research dalam hal ini tidak sendirian. Ada beberapa lembaga lain yang ikut terlibat termasuk Institut Teknologi California, STATS dan berbagai supplier data tentang olahraga. Mereka bersama-sama mempelajari teknik yang disebut sebagai deep learning untuk mengembangkan sebuah algoritma baru.

Dari sudut pandang analisis olahraga, algoritma tersebut sangat penting. Kita semua tahu bahwa pergantian posisi pemain dalam sepak bola adalah hal yang wajar, meskipun sebenarnya mereka sudah mendapatkan peran masing-masing. Baik lawan ataupun penonton bisa mengamati hal itu dan sekarang, sebuah komputer juga bisa mengamatinya terutama dengan penerapan teknik multi-agent imitation learning, seperti yang dikutip dari publikasi Disney Research, Selasa (22/8/2017).

Peter Carr, seorang peneliti dan ilmuan dari Disney Research mengatakan seperti yang dipublikasikan oleh Eurekalert, Senin (21/8/2017) bahwa “dari sepengetahuan kami, ini merupakan momen awal sebuah pendekatan pembelajaran imitasi dapat diaplikasikan untuk bersama-sama mendalami prinsip-prinsip sistem multi-agent dalam skala yang lebih besar.”

Karena algoritma tersebut berjalan secara otomatis dalam mempelajari susunan formasi sepak bola, maka dia juga dapat menganalisis seperti halnya para penggemar (penonton) ataupun lawan main. Nah disinilah, teknologi tersebut dapat menganalisis para pemain hingga membantu mereka mendapatkan posisi terbaik. Tentunya analisis seperti ini sangat penting untuk memenangkan pertandingan.


Baca Juga Google dan MIT Berhasil Membuat Algoritma Machine Learning Penyempurna Foto


Sang wakil presiden dari Disney Research, Markus Gross menambahkan bahwa penerapan kemampuan algoritma tersebut sebenarnya juga dapat diaplikasikan diluar permainan sepak bola dan bahkan diluar dunia olahraga. Yang bisa dianalisis termasuk pergerakan robot, perencanaan kendaraan otonom, dan bahkan perlakuan sekelompok hewan di habitatnya.

Untuk memberikan wawasan kepada publik, tim tersebut telah mempresentasikan penemuannya pada ajang International Conference on Machine Learning di Sydney, Australia pada tanggal 8 Agustus yang lalu.

 

SHARE

LEAVE A REPLY