Disebar Secara Acak, Ransomware Bisa Menyerang Siapa Saja

Disebar Secara Acak, Ransomware Bisa Menyerang Siapa Saja

312
Ransomware Menyerang Siapa Saja

Kreasitekno.com – Selain dunia yang dihebohkan sejak ahir pekan kemarin karena kedatangan virus Ransomware yang dikenal dengan nama WannaCry ini. Indonesia pun tidak kalah panik, karena memang virus ini telah ditemui menjangkit dua rumah sakit besar di Jakarta Sabtu lalu.

Terkait untuk mengantisipasi hal ini, Kementrian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) menggelar konferensi pers mendadak Minggu 14/05/2017 kemarin yang juga dihadiri Menteri Rudiantara. Beberapa poin yang di beritakan diantaranya, masyarakat dihimbau untuk hati-hati jangan membuka link atau tautan dalam internet sembarangan. Pasalnya Ransomware ini disebar pelakunya secara acak, sehingga bisa menyerang siapa saja.

Dikutip dari tekno.Kompas.com, Serangan kemarin yang menghinggapi rumah sakit dikarenakan beberapa sebab diantaranya lalai dalam melakukan pencegahan seperti sistim operasi tidak update. Namun begitu pada dasarnya komputer siapapun bisa saja terjangkit virus ini, terlebih pada komputer yang menggunakan OS Windows versi lawas. Bagi perusahaan dan instansi besar, sangat disarankan untuk memiliki sistim backup data yang kuat. Terlebih jika bergerak dalam sektor pelayanan karena komputer biasanya harus selalu siaga dalam waktu 24 Jam.


Baca Juga Mengenal Apa Itu Ransomware Dan Cara Menghindarinya


Hari senin ini (15/05/2017) juga dikhawatirkan serangan Ransomware WannaCry akan terjadi lebih agresif lagi, dengan alasan banyak komputer perkantoran di ahir pekan kemarin berkondisi offline karena libur tidak beroperasi. Disarankan untuk tidak secara langsung menyalakan komputer begitu saja jika khawatir terjangkit, pasalnya diketahui juga jika salah satu komputer terinfeksi virus ini, dapat dengan mudah menyebar ke komputer lain yang berada dalam satu jaringan melalui Local Area Network atau LAN dalam kantor.

SHARE

LEAVE A REPLY