Seperti Inikah Desain Rumah Hunian di Planet Mars Nantinya?

Seperti Inikah Desain Rumah Hunian di Planet Mars Nantinya?

495
desain rumah hunian planet mars

Rumah hunian di planet Mars didesain untuk bertahan di planet yang cukup ekstrim dan tahan terhadap radiasi kosmik.

Kreasitekno.com — Baru–baru ini, NASA telah merilis konsep rumah untuk tempat tinggal para astronot di Mars demi tercapainya misi mengirimkan manusia ke planet merah pada tahun 2030. Rumah hunian mars ini disebut “Mars Ice Home”.


Baca Juga: Terraformars di Dunia Nyata, Mustahilkah?


Rumah hunian mars ini terbuat dari es yang diambil dari permukaan planet. Menurut NASA, rumah es ini berteknologi rendah tetapi dapat melindungi astronot dari radiasi berbahaya yang menghempas mars. Kira-kira, seperti ini desain rumahnya:

desain rumah hunian planet mars

Muncul pertanyaan di benak kita: Dari mana es tersebut berasal? Apakah es dibawa dari bumi? Tidak. Para peneliti mengatakan bahwa Mars memiliki simpanan es beku di bawah permukaannya, hampir sebanyak Danau Superior. Sehingga para ilmuwan memutuskan es sebagai bahan dasar rumah hunian mars di masa depan.

“Setelah mengidentifikasi kebutuhan, tujuan dan kendala, kami segera mempertimbangkan beragam ide gila dan out of the box . Akhirnya kami sampai pada rancangan Ice Home ini.”

—Kevin Vipavetz, fasilitator sesi perancangan, Langley Research Center NASA

Desain ini cukup efisien dan memiliki potensi dan keunggulan menjanjikan, di antaranya: struktur bangunaan terbilang ringan, dapat dibangun oleh robot dan diisi air sebelum imigran datang. Air yang tersimpan dalam bangunan tersebut juga bisa digunakan sebagai bahan bakar roket pesawat luar angkasa. Sehingga desain ini cocok untuk misi ke mars.

Meski begitu, desain ini memiliki kelemahan, salah satunya butuh waktu satu tahun untuk dipenuhi dengan es. Jadi memang butuh persiapan yang cukup lama dan bisa teratasi dengan robot. Sehingga kemungkinan besar ide ini akan diaplikasikan nantinya, meskipun ide ini tergolong cukup baru.


Baca Juga: Amerika Serikat Deteksi Sebuah Asteroid Raksasa Yang Akan Menabrak Bumi!


NASA sudah mulai aktif mempersiapkan misi berawak ke Mars. Di tahun 2018 NASA akan melakukan serangkaian misi di orbit Bumi untuk menguji kemampuan manusia hidup di luar Bumi. Curiosity akan mendapat teman di tahun 2020 mendatang dan misi ini merupakan kesempatan bagus dalam menguji metode ini.

P08-We-Need-You-NASA-Recruitment-Poster-600x

Peneliti utama Langley Research Center, Kevin Kempton mengatakan bahwa bangunan berbentuk kubah ini akan membuat kamu seperti berada di rumah. Bayangkan saja setelah melakukan perjalanan di antariksa selama berbulan–bulan dan dan rumah baru telah siap untuk dihuni, saat itu akan menjadi hari yang luar biasa. Nah apakah kalian minat untuk menjadi martian pertama dari Indonesia? Persiapkan dirimu karena desain rumahmu sudah ada.

Sumber: 1 2

SHARE

LEAVE A REPLY