Lupakan Wortel, Inilah Cara Ampuh Menyembuhkan Rabun Jauh!

Lupakan Wortel, Inilah Cara Ampuh Menyembuhkan Rabun Jauh!

3263
metode bates rabun jauh

Metode Bates adalah alternatif lain dari penyembuhan rabun jauh (miopi) selain operasi mata. Apa kamu masih mengira bahwa vitamin A pada wortel benar-benar bisa menyembuhkan rabun jauh?

Kreasitekno.com – Kerusakan pada mata atau menurunnya daya pandang seperti rabun jauh merupakan fenomena yang semakin sering kita temui di zaman serba teknologi ini. Kebanyakan penyebabnya adalah karena penggunaan perangkat gadget yang berlebihan. Seperti misalnya bermain HP sambil tiduran dan di tempat yang gelap, bekerja dengan laptop atau komputer dalam waktu yang lama tanpa memberi kesempatan bagi mata untuk beristirahat, ataupun jarak pandang antara mata dan layar yang terlalu dekat. Tentunya ini sangat berbeda dengan masa dimana teknologi masih terbatas. Di masa itu, alasan umum para penderita cacat mata adalah karena metode yang salah ketika membaca buku, majalah, dan semacamnya. Namun saat ini bisa dibilang jauh lebih berbahaya akibat adanya peran sinar radiasi yang terpancar dari layar gadget sehingga semakin mempercepat kerusakan pada beberapa bagian mata.


Baca Juga: Makanan Ini Terbukti Efektif Meningkatkan Kemampuan Otak!


Beberapa jenis kerusakan pada mata yang paling sering dialami oleh penderita di usia yang produktif adalah rabun jauh (miopi), atau biasa dikenal dengan mata minus. Miopi diindikasikan dengan ketidakmampuan penderitanya saat melihat benda-benda di sekitarnya dalam jarak yang jauh. Semakin jauh, objek benda tampak semakin blur (tidak jelas).

the-bates-method-eye-exercises

Adapun cara yang lazim diketahui masyarakat untuk mengatasi miopi adalah dengan menggunakan lensa cekung atau banyak mengonsumsi wortel. Penggunaan lensa hanya berperan untuk mem-fix-kan penglihatan saja, tidak bersifat menyembuhkan. Di lain sisi, banyak orang yang mulai sangsi terhadap wortel yang dianggap ampuh menyembuhkan mata. Sebagian ahli mengatakan bahwa miopi tidak bisa sembuh hanya dengan menggunakan vitamin A saja.

Namun demikian, jangan khawatir. Ternyata masih ada metode terapi alternatif lain yang patut dicoba untuk menyembuhkan rabun jauh. Metode alternatif ini dikenal dengan nama metode Bates. Sebuah metode yang dipelopori oleh dokter spesialis mata asal Amerika, William Horatio Bates. Sebenarnya metode ini sudah mulai diperkenalkan melalui bukunya yang berjudul “Better Eyesight Without Glasses” sejak puluhan tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1920. Namun banyak masyarakat yang meragukannya, termasuk di kalangan dokter sendiri. Bates sendiri melakukan eksperimen selama bertahun-tahun untuk merealisasikan kebenaran ucapannya. Hingga pada akhirnya metode terapi Bates digunakan banyak orang di seluruh dunia sampai sekarang.

2

Di dalam metode Bates, ditekankan bahwa terapi penyembuhan adalah dengan mengembangkan latihan kemampuan mata dan melenturkan mata yang tegang akibat kebiasaan melihat yang buruk sehingga mata bisa kembali normal. Bentuk latihan yang bisa disebut dengan “fiksasi sentral” ini dilakukan agar mata bisa mengatur fokus dengan lebih efisien. Otot-otot mata harus dapat bergerak bebas dan membuat penyesuaian kecil yang diperlukan untuk memusatkan obyek yang dilihat. Latihan ini mengajarkan seseorang untuk mengendurkan otot-otot mata dan saraf optik serta menggunakan memori dan imajinasi untuk meningkatkan koordinasi antara mata dan otak.


Baca Juga: Mark Zuckerberg Dikabarkan Telah Meninggal!?


Dikutip dari bukunya, Better Eyesight Without Glasses, ada beberapa tahapan dari Metode Bates yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan rabun jauh:

1. Menyembunyikan

palmeren

Tahapan ini dilakukan dengan cara memejamkan (menutup) mata sementara sampai tidak ada cahaya yang masuk sama sekali untuk membuat mata menjadi rileks. Yang dimaksud dengan “menyembunyikan” adalah menutup mata dengan kedua tangan sehingga tidak ada cahaya yang masuk. Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

2. Berjemur

Tahapan ini dilakukan dengan memposisikan mata ke arah cahaya matahari dalam kondisi mata terpejam. Kemudian menggerakkan kepala ke kiri dan kanan sampai menyentuh pundak. Gerakan ini dilakukan selama 3-5 menit sebanyak satu kali dalam sehari.

3. Menggerakkan Mata

Tahapan ini dilakukan dengan mengalihkan pandangan ketika sedang terfokus pada suatu objek, semisal layar komputer. Arahkan pandangan ke benda-benda di sekitar untuk mengurangi tingkat ketegangan pada mata.

4. Visualisasi Warna

Tahapan ini dilakukan dengan memfokuskan mata pada warna daripada bentuk. Mata akan difokuskan untuk melihat satu warna pada satu bentuk. Bates menerapkan mental visualisasi sebagai cara terbaik untuk terapi.

5. Menggoyangkan Mata

Tahapan ini dilakukan dengan menggoyangkan mata ke kiri dan ke kanan selama 100 kali diselingi dengan mengedip agar mata tidak tegang dan mengurangi rabun jauh. Berkedip berguna untuk membersihkan dan melumasi mata.

SHARE

LEAVE A REPLY