Tips Cara Mengatasi HP Android Sering Panas dan Mati Sendiri

Tips Cara Mengatasi HP Android Sering Panas dan Mati Sendiri

8199
Android Sering Panas dan Mati Sendiri

Perkembangan smartphone saat ini memang sangat pesat, semua vendor smartphone terkenal di seluruh dunia menciptakan teknologi ponsel pintar terbaik mereka dengan fitur canggih di dalamnya.

Kini hampir semua orang sudah pasti menggunakan smartphone karena memang fungsinya untuk menunjang setiap aktivitas sehari-hari. Namun secanggih canggihnya teknologi buatan manusia, tentu ada yang namanya kekurangan, tak terkecuali pada smartphone. Salah satu diantaranya perangkat mudah panas dan sering restart atau mati sendiri.

Penyebab bisa beragam, mulai dari system operasi yang eror, baterai yang mulai rusak sampai akibat penggunaan yang tidak benar seperti terlalu lama dalam bermain game berat misalnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi hp android yang mudah panas dan mati sendiri, anda dapat mencoba tips berikut ini jika mengalaminya.

Periksa Baterai

Bagi anda yang sering mencharge hp android bersamaan dengan menggunakannya, biasanya akan mudah membuat baterai cepat panas, dan lama kelamaan tentu kemungkinan besar baterai akan kembung dan rusak. Maka dari itu periksalah kinerja baterai apakah masih normal atau tidak.

Untuk meminimalisir hal tersebut, usahakan jangan terlalu sering mengisi baterai ponsel bersamaan dengan menggunakannya, Charge dulu hingga daya baterai benar benar penuh baru pergunakan seperti biasa.

Hapus Aplikasi Tidak Resmi

Maksud aplikasi tak resmi disini adalah aplikasi yang didownload bukan dari google play store ataupun app store resmi, karena ditakutkan membawa virus yang dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja sistem di ponsel anda.

Bersihkan File Sampah atau Cache File

Ini yang sering dilupakan para pengguna, membersihkan file sampah maupun cache file itu harus dilakukan secara rutin, hal ini dimaksudkan agar kerja sistem android tidak terlalu terbebani dan membuat komponen didalamnya menjadi panas.

Perlu diketahui juga, setiap selesai menggunakan aplikasi tertentu maka dipastikan akan menyisakan file sampah dan akan terus menumpuk jika dibiarkan. Untuk menghapus file sampah, anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti ccleaner dan sebagainya.

Periksa RAM

RAM merupakan elemen penting dalam sebuah kinerja smartphone android, jika RAM dipaksa bekerja hingga selalu mencapai batas kemampuannya, maka tentu saja nantinya perngkat tidak akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil ponsel pun akan mudah panas dan sering restart bahkan mati sendiri. Periksa dan jika ada aplikasi yang menggunakan space RAM terlalu besar sebaiknya pertimbangkan untuk hapus aplikasi tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi hp android mudah panas dan mati sendiri, jika dirasa sudah terlalu parah ada baiknya juga bawa ponsel ke service center untuk memastikannya.

SHARE

LEAVE A REPLY