Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Lewat Play Store

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Lewat Play Store

3080

Perangkat Android tidak bisa download lewat Play Store? Tenang, kita punya solusinya!

Kreasitekno.com — Google Play Store merupakan aplikasi yang sangat penting untuk smartphone yang berbasis android, karena dari situ kita bisa mendapatkan beberapa aplikasi atau game android yang kita butuhkan nanti. Namun, apa jadinya jika Google Play Store yang kita miliki bermasalah alias kita tidak bisa mendownload aplikasi? Tenang, kali ini kita akan membagikan informasi tentang  Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Lewat Play Store kepada kalian semua. Bisa jadi Play Store ini tidak bisa berfungsi karena kesalahan kita sendiri atau kesalahan pada sistemnya. Berikut beberapa cara yang bisa anda coba:

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Lewat Play Store
Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Lewat Play Store

Mencocokan Jam Pada Ponsel

Waktu menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi sebab kenapa Play Store tidak bisa dibuka atau bermasalah. Sebaiknya kamu setting waktu pada ponsel dengan waktu jaringan, caranya menuju ke pengaturan lalu masuk pada waktu.

Hapus Cache Play Store

Cache atau junk file bisa menjadi salah satu faktor penyebab kenapa Play Store jadi eror, dan biasanya yang paling para Play Store tak bisa dibuka. Maka dari itu membersihkan cache dari Play Store secara rutin bisa menjadi opsi cerdas nantinya.

Caranya silakan masuk pada menu setting, lalu masuk pada bagian aplikasi dan cari Google Play Store. Setelah itu tap pilihan dan cari Hapus Cache, setelah semua cache terhapus coba saat ini jalankan Play Store.

Periksa Kapasitas Memori

Kapasitas memori juga bisa berpengaruh kenapa anda tidak bisa mendowload aplikasi lewat Play Store. Maka dari itu sebelum anda melakukan download, silahkan anda cel dulu ruang kosong dari memori ponsel android anda masih mencukup apa tidak. Apabila dirasa tidak mencukupi, silahkan anda hapus sekiranya aplikasi yang sudah tidak perlu anda gunakan lagi agar space memori masih banyak.

Periksa Sambungan Internet

Sambungan internet yang tak stabil juga bisa menjadi masalah kenapa anda tidak bisa download aplikasi di Play Store, karena pada saat anda membuka dan mendownload aplikasi dibutuhkan kupta internet. Maka dari itu periksa dahulu kuota internet yang masih anda miliki.

Coba Menggunakan Provider Lain atau WiFi

Jika kuota internet anda masih ada namun tetap tak bisa download, coba anda gunakan kartu provider lain atau menggunakan Wifi, karena bisa jadi provider yang anda gunakan saat ini memang sedang bermasalah sehingga tidak download aplikasi di Play Store.

Reboot Smartphone

Setelah semuanya dicoba dan tetap tidak bisa melakukan download, coba anda restart terlebih dahulu smartphone anda dan silahkan anda coba download lagi

Install Ulang Aplikasi Play Store

Jika masih belum berhasil juga, silahkan anda coba install ulang aplikasi Google Play Store yang ada di ponsel android anda. karena bisa jadi aplikasi Play Store anda ada sistemnya yang bermasalah.

Factory Reset

Bisa jadi ini menjadi langkah terakhir yang perlu anda lakukan jika Play Store tidak bisa digunakan untuk download aplikasi. Melalukan factory reset atau menjadikan kembali setelan pabrik akan membuat semua data yang ada didalam memori phone anda akan terhapus semua seperti pada smartphone baru. Jadi sebaiknya sebelum melakukan ini, silahkan back up dulu data pribadi anda yang ada didalam memori phone agar tidak hilang nantinya.

Demikian informasi dari kami tentang cara mengatasi android tidak bisa download lewat Play Store, semoga artikel ini bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY