Cara Jitu Mengatasi Microsd Tidak Terbaca Di Android Nokia Java & Symbian

Cara Jitu Mengatasi Microsd Tidak Terbaca Di Android Nokia Java & Symbian

388
Cara Jitu Mengatasi Microsd Tidak Terbaca Di Android Nokia Java & Symbian

Cara Jitu Mengatasi Microsd Tidak Terbaca Di Android Nokia Java & SymbianMemori card atau lebih dikenal sebagai microSD merupakan sebuah penyimpanan eksternal yang biasa digunakan pada perangkat gadget maupun smartphone. Memori ini bisa menyimpan berbagai jenis file yang anda kehendak, mulai lagu, video, foto, hingga dokumen pun bisa anda simpan didalamnya.

Memori pada sebuah pernagkat itu terbagi dengan dua jenis yakni memori internal dan eksternal, karena memori internal ini tak bisa menyimpan cukup banyak file, maka menggunakan memori eksternal seperti microSD ini bisa menjadi solusi cerdas untuk mengatasi hal tersebut.

Cara Jitu Mengatasi Microsd Tidak Terbaca Di Android Nokia Java & Symbian

Memori eksternal ini ternyata juga bisa mengalami kerusakan juga lho, baik pada fisiknya maupun sistem yang ada didalamnya. Hal ini bisa diakibatkan karena ada masalah pada lempengannya atau disebabkan karena ada virus yang menempel.

Dan biasanya tanda jika memori anda rusak adalah seperti tidak bisa terbaca ketika dimasukan kedalam sebuah perangkat. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? berikut ini kita bagikan Cara jitu mengatasi microSD tidak terbaca di Android Nokia Java & Symbian yang bisa anda lakukan :

#Membersihkan Perangkat Memori

Mengatasi memori microSD yang bisa anda lakukan pertama kali adalah degan melakukan pembersihan pada perangkat memori tersebut. Caranya bersihkan lempengan kuning yang ada pada memori dengan menggunakan penghapus pensih berwarna putih. Lakukan teknik ini secara perlahan sampai lempengannya bersih.

Jika anda menggunakan ponsel android, langkah selanjutnya silahkan anda buka menu Options >> memory, lalu higlight tulisan “Total Space” lalu pilih Repair

#Menggunakan Format melalui PC

  • Silahkan anda keluarkan memori microSDdari perangkat anda
  • Masukkan pada card reader
  • Masukkan card reader pada USB komputer/ PC
  • Silahkan anda buka windwos explore lalu cari drive dimana letak dari kartu memori tersebut, apabila drive telah terbaca misalkan pada drive E, maka lagsung saja klik kanan dan pilih Format
  • Selanjutnya pada bagian tab properties, akan muncul pilihan beberapa jenis format , silahkan anda memilih yang bagian format file FAT
  • Lalu klik format now, dan tunggu prosesnya hingga selesai

#Menggunakan Hard Format

  • Hubungan perangkat andake komputer/PC menggunakan bantuan kabel data
  • Jika sudah terhubung, silahkan anda melakukan hard format media card dengan cara melakukan higlight direktori media card, setelah itu klik kanan pada mouse dan pilih “Format”, berikan tanda checklist pada tulisan FAT16
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Perlu di ingat, jika anda melakukan hal ini maka seluruh data yang ada didalam kartu memori akan hilang semua, seperti musik, foto, video, dan bahkan hingga dokumen pun akan hilang semua disini.

#Format Melalui Command Prompt (cmd)

  • Silahkan anda lepas memori card dan masukan pada card reader
  • Selanjutnya masukan card reader pada USB PC / laptop anda
  • Silahkan anda ketik start > run, lalu setelah muncul menu pop up anda ketik CMD
  • Setelah muncul command prompt, silahkan anda ketik FORMAT h:/FS:FAT (h=merupakan letak dirve memori microSD anda tadi, jika berada di dirve E, maka silahkan anda tulis E)
  • Tunggu hingga proses selesai

Disarankan, sebelum memori microSD mengalami kerusakan yang berakibat fatal seperti ini, maka untuk tindakan pencegahana dan bisa memasangkan antivirus pada perangkat anda nantinya, karena kerusakan pada memori card biasanya dikarenakan adanya virus yang menyerang.

Demikian sedikit informasi tentang cara jitu mengatasi microSD tidak terbaca di Android Nokia Java & Symbian yang bisa kita sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

SHARE

LEAVE A REPLY