Bukan Hanya Berpeluang, Samsung Siap Kalahkan Intel

Bukan Hanya Berpeluang, Samsung Siap Kalahkan Intel

137
Samsung Kalahkan Intel

Dominasi Intel sebagai pembuat produk semikonduktor nomor satu di dunia, setelah beberapa puluh tahun nampaknya akan digeser oleh Samsung. Ada sebuah kabar mengejutkan dari Nomura Securities Jepang yang menaksir Samsung bakal menggeser posisi Intel dengan target proyek penjualan semikonduktor hingga 15 milyar USD. Sementara itu Intel hanya memiliki target 14.4 milyar USD, seperti yang dikutip oleh Phonearena, Selasa (4/7/2017).

Dengan target penjualan chipset yang sedemikian besar, akan mudah bagi Samsung untuk meraih predikat pembuat chipset terbesar di dunia. Kita semua tahu bahwa Samsung bukan saja rajanya pembuat smartphone, terlebih dari itu komponen-komponen ponsel buatannya juga semakin menjadi kunci ponsel pintar dari berbagai merek.

Namun demikian, bagaimana bisa Samsung menggeser Intel yang notabene sudah lebih dari 24 tahun sukses mempelopori prosesor PC? Pada hal ini bisa dibenarkan bahwa Intel masih rajanya pembuat prosesor PC.

Terlepas dari itu smartphone kini menjadi pangsa pasar yang lebih besar dari pada PC ataupun Notebook, dan Intel tidak memiliki senjata untuk itu. Sebut saja nama-nama besar seperti Samsung, Qualcomm, dan Nvidia, mereka lebih unggul soal smartphone.

Jika dilihat dari pergerakannya, Samsung tidak hanya fokus dalam pembuatan ponsel pintar, terlebih dari itu lebih dari setengah hasil yang didapatkan oleh Samsung berasal dari penjualan komponen. Sebagai contoh, Samsung kini tengah disoroti sebagai pembuat OLED Display terbesar di dunia.

Bahkan rencananya teknologi tersebut bakal digunakan oleh iPhone dan beberapa merek ternama lain. Contoh lain, kini Samsung juga bekerjasama dengan Qualcomm untuk menciptakan teknologi FinFET. Teknologi tersebut bakal jadi ramuan dalam pembuatan prosesor berukuran 10 nanometer yang disinyalir lebih powerful ketimbang prosesor ukuran 14 nanometer yang banyak beredar sekarang.

Baca Juga :

Hal senada juga diberitakan oleh IBTimes, Kamis (6/7/2017) yang mengungkapkan bahwa kini Samsung juga tengah mengerjakan pembuatan baterai solid-state yang dikenal anti meledak. Baterai solid-state lebih unggul dari sisi manapun dibanding dengan Lithium-Ion seperti yang banyak digunakan oleh perangkat hingga kini.

Sumber: ibtimes, phonearena

SHARE

LEAVE A REPLY