Nggak Pakai Mahal, Build PC Gaming Murah Dengan Budget Dibawah 6 Jutaan!

Nggak Pakai Mahal, Build PC Gaming Murah Dengan Budget Dibawah 6 Jutaan!

364
SHARE

PC Gaming memang terlihat dan terkesan mahal. Tapi jika cukup cermat dan mempunyai cukup waktu dalan survey, kalian bisa membuat PC Gaming Murah.

Kreasitekno.com — Udah pada ngebet pingin ngebuild PC tapi budget menipis atau ada keperluan mendadak lainnya yang lebih penting? Setelah melakukan beberapa survey dan meriview cukup banyak hardware kita sudah menemukan racikan PC dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan budget di bawah 6 jutaan, kalian bisa membangun PC Gaming Low tier dengan hardware yang cukup update untuk generasi sekarang. Jelasnya, kita tidak benar–benar merakit PC ini, dan hanya sekedar memberikan rekomendasi berdasarkan riset dipasaran. Jika kalian bertanya akan benchmark dan performace, bisa kalian coba sendiri dirumah. Jika ada rekomendasi lain, mari kita diskusikan. Nah berikut secara rinci resep hardware yang digunakan untuk membangun PC Gaming murah dibawah 6 juta.

Graphic Card

build pc gaming murah graphic card

Untuk pilihan pertama membuat PC Gaming murah adalah menentukan graphic card, dan kita merekomendasikan Colorful Nvidia Geforce 1050 2gb ddr 5. Kartu gravis Nvidia yang satu ini cukup stabil dan bisa melibas game – game yang lagi ngetren saat ini. Berjalan cukup stabil diresolusi 1080 dengan performa bisa menyaingi Radeon RX 470 yang notabene harganya dua kali lipatnya. Dan juga kartu grafis ini bisa melibas performa dari Nvidia 960! Di Indonesia, kartu grafis ini dibanderol sekitar 1,6 jutaan.

Prosesor

Untuk prosesor, kita gunakan generasi terbaru dari Intel dengan kode Skylake, dan yang terpilih adalah Intel Core 13-6100 skylake. Kenapa tidak i5 saja? Berdasarkan pertimbangan dari sisi budget dan performace, i3-6100 sudah bisa bertahan untuk mengangkat game yang sekarang lagi ngetren. Dimana multicore prosesor untuk kebanyakan game masih belum optimal sehingga dengan berbekal Core i3 3,7 Ghz saja sudah bisa berjalan stabil. Jika ada budget lebih, kalian bisa ganti dengan Core i5 atau Core i7. Prosesor ini bisa kalian beli dengan harga sekitar 1,5 jutaan.

Motherboard

build pc gaming dibawah 6 jutaan motherboard

Untuk mobo, haruslah yang mendukung socket skylake, dan yang terpilih adalah GIGABYTE GA-H110M-DS2 DDR4 MOTHERBOARD SKYLAKE LGA 1151. Yah memang, mobo ini tidak bisa untuk overcloacking, tapi buat apa overcloacking kalau Core i3-6100 sudah cukup “garang” dengan 3,7 Ghz? Dan memang mobo ini tidak bisa untuk SSD, karena disesuaikan dengan budget kalian. Harga Mobo ini tidak sampai satu juta!

Memory

Memory untuk PC Gaming Murah, bisa mengandalkan OCPC XTREME DDR4 PC17000 2133Mhz 8GB KIT (2x4GB). Secara memory dual chanel memberikan performa yang lebih dibandingkan dengan single chanel. Untuk keperluan gaming saat ini, 8GB sudah cukup untuk memainkan game tren saat ini. Satu set RAM ini bisa kalian dapatkan dengan harga hanya 600 ribuan.

Power Supply

power supply rakit pc gaming murah

Nah jangan lupakan PSU untuk mengangkat semua daya yang ada di PC mu, dan yang terpilih adalah PSU evga 430w, 8 plus white . Memang dengan daya 400 watt sudah terasa cukup, ditambah lagi PSU ini memiliki teknologi Plus White yang lebih ramah lingkungan. PSU ini harganya sekitar 500 ribuan.

Hard Disk dan Case

Hard disk yang kita pilih adalah HD WD Caviar Blue 320GB SATA, memang tak seberapa, tapi sudah cukup jika hanya untuk keperluan gaming kalian. Ditambah case Sades Gaming PC Case – LEVIATHANT yang cukup bohai. Jika ditotal HD dan Case, hanya habis 600 ribuan.


Baca Juga: Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Beli Chromebook


Jangan lupa dengan OS-nya, kalau bisa kalian memilih OS yang mendukung kebanyakan game, kita merekomendasikan Windows 10, yang cukup terjangkau key-nya, sekitar 250 ribuan. Atau kalian bisa menggunakan Linux atau Ubuntu yang dibantu program “Wine”.

SHARE

LEAVE A REPLY