Buat Ponselmu Bisa Menerawang Tembok dengan Walabot

Buat Ponselmu Bisa Menerawang Tembok dengan Walabot

1135
Buat Ponselmu Bisa Menerawang Tembok

Dulu kita sering mendengar rumor aplikasi Smartphone tembus pandang yang bisa melihat objek dibalik dinding pembatas. Kini impian tersebut bisa direalisasikan dengan perangkat canggih yang diproduksi oleh Walabot. Perangkat ini bekerja dengan mengintegrasikan ponsel Android dengan aplikasi untuk menampilkan obyek yang ditangkap oleh Walabot.

Sebenarnya perangkat seperti ini di dunia teknologi bukan hal yang baru, akan tetapi Walabot mengemasnya dalam bentuk yang sangat portabel dan bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Walabot menggunakan teknologi pencitraan 3D dengan radio frequency RF sensor yang bisa ditemukan pada peralatan-peralatan industri.

Ada dua versi alat yang dijual oleh Walabot yaitu Walabot DIY dan Walabot for Maker. Khusus yang terakhir itu ditujukan bagi para desainer dan pengembang peralatan seperti alat deteksi gerak pada mobil, dan lain sebagainya. Walabot DIY adalah versi yang siap pakai dan bisa diintegrasikan dengan ponsel android.

Alat ini bisa bekerja dengan beberapa mode termasuk deteksi 3D. Melalui mode 3D pengguna bisa melihat obyek yang tertanam dalam dinding seperti kabel ataupun pipa secara utuh. Melalui mode 2D pengguna bisa mengambil gambar seperti bentuk konstruksi bangunan yang tertanam. Uniknya lagi, Walabot bisa mendeteksi berbagai macam bahan materi seperti plastik, logam dan tulang. Oleh karena itu perangkat ini juga menyasar kalangan arkeolog untuk membantu penelitian mereka.

Walabot mampu mendeteksi obyek di ketebalan/kedalaman hingga 10 cm. Obyek seperti ini contohnya adalah tembok, cor, dinding kayu, ataupun lapisan-lapisan lain seperti batu-bata, batu dan lain sebagainya.Terlebih lagi alat ini juga mampu mendeteksi gerakan dibalik dinding.

Raviv Melamed, CEO Walabot menambahkan seperti yang dilansir oleh Phonearena, Senin (29/5/2017), bahkan alat ini dapat membantu tunanetra untuk menghindari rintangan didepanya. Dengan bertemakan Do it Yourself (DIY), sasaran Walabot adalah orang-orang yang menemui kesulitan dalam memetakan obyek yang tersembunyi seperti teknisi, tukang bangunan maupun kontraktor.

Baca Juga :

Walabot kini hanya didukung oleh ponsel Android versi 5.0 (Lollipop), 6.0 (Marshmallow) dan 7 (Nougat). Kabarnya Walabot juga segera mendukung iPhones. Alat ini bisa dibeli melalui situs resmi Walabot.com seharga $199 atau sekitar Rp. 2 jutaan.

Sumber: phonearena

SHARE

LEAVE A REPLY