BB10, BBOS dan Berbagai Layanan Blackberry Segera Pensiun

BB10, BBOS dan Berbagai Layanan Blackberry Segera Pensiun

228
BB10, BBOS dan Berbagai Layanan Blackberry Segera Pensiun

Kabar menyedihkan buat fans yang hingga kini masih menggunakan smartphone Blackberry jadul. Secara resmi vendor smartphone asal Kanada tersebut akan memungkasi dukungan terhadap OS Blackberry lawas, yakni Blackberry 10 dan Blackberry OS, serta berbagai layanan miliknya.

Pengumuman official tersebut dibuat agar para fans yang masih memakai smartphone Blackberry jadul bisa segera mengantisipasi terhadap pemberhentian dukungan tersebut. Jadwal retirement disusun secara bertahan oleh Blackberry.

BB10 OS dan BBOS

Operating system Blackberry 10 akan segera ditutup. Pengguna smartphone dengan OS tersebut seperti Blackberry Z10 masih diberi waktu 2 tahun lagi sebelum dukungan akan dimatikan secara total. OS ini terbilang baru karena diperkenalkan tahun 2012 silam.

Demikian juga pengguna smartphone Blackberry dengan BBOS juga mendapatkan jadwal yang sama. Pengguna diberi waktu hingga tahun 2020.

Bersamaan dengan pengumuman itu Blackberry akan lebih dulu menutup beberapa layanan, diantaranya adalah:

  • Blackberry Travel pada Februari 2018
  • Blackberry Playbook video calling pada bulan Maret 2018
  • Blackberry World app store pada 31 Desember 2019

Melalui pengumuman officialnya, Blackberry membeberkan segudang alasan terhadap keputusannya itu. Salah satunya adalah mengajak konsumen untuk tidak memakai smartphone hingga lebih dari 5 tahun. Karena fakta yang ada sampai sekarang, BBOS yang usianya sudah tua masih saja banyak dipakai.


Baca Juga BlackBerry Kembangkan Kacamata Pintar Berbasis AR Gandeng Vuzix


Pemberhentian Dukungan Terhadap Blackberry Priv

Cukup mencengangkan memang, padahal Blackberry Priv sempat diakui sebagai smartphone Blackberry versi Android pertama yang dibuat dengan sistem keamanan paling handal di kelasnya. Tapi kenyataanya Blackberry juga segera menghentikan dukungan terhadap Priv. Alasannya, ada Blackberry Motion dan KeyOne yang sudah lebih baru dengan OS Android dan sistem keamanan yang lebih powerful.

Dukungan terhadap Priv akan diberikan hingga 2020. Setelah itu perusahaan tak akan bertanggung jawab. Sebagai alternatif bagi konsumen yang masih bertahan setelah 2020, maka Blackberry menawarkan sebuah dukungan melalui program trade-up, tapi belum dijelaskan seperti apa bentuknya.

Fans Blackberry disarankan untuk beralih ke BB KeyOne atau BB Motion untuk mendapatkan OS Android yang dibuat dengan sistem keamanan paling kuat saat ini.

 

SHARE

LEAVE A REPLY