Gara-Gara Update Status di Facebook, Karyawan Ini Dipecat Oleh Twitter!

Gara-Gara Update Status di Facebook, Karyawan Ini Dipecat Oleh Twitter!

316

Baru sehari kerja, seorang karyawan bernama Greg Gopman sudah dipecat oleh Twitter. Memangnya apa kesalahan yang telah dibuatnya?

Kreasitekno.comTampaknya Twitter sedang diuji dengan rentetan masalah akhir-akhir ini. Belum selesai dengan masalah batalnya akuisisi yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar seperti Google, Salesforce, dan Walt Disney, kembali Twitter seakan dikerjain dengan ulah salah satu karyawannya yang berujung pada tindak pemecatan secara tiba-tiba.


Baca Juga: Ups, PewDiePie Diblockir Twitter Gara-Gara Bergabung Dengan ISIS!


Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada 18 Oktober 2016, Twitter merekrut Greg Gopman sebagai manajer bisnis virtual reality (VR). Namun sehari setelahnya (19 Oktober 2016), sang manajer yang seharusnya baru saja merayakan keberhasilannya ini dipecat secara tidak hormat. Sebenarnya ini juga baru pertama kalinya bagi Twitter untuk melakukan “aksi nyeleneh” sejak pertama kali didirikan (12 tahun lalu). Lantas apa kesalahan yang telah dilakukan pria ini hingga membuatnya seperti dipermalukan pihak Twitter?

Sebagaimana yang dilansir dari Quartz, track record Gopman dianggap buruk oleh Twitter sebagai pengguna Facebook. Hal ini diketahui dari salah satu status yang di-publish Gopman dimana tampak seperti merendahkan para gelandangan di pinggir jalan.

“Tak ada hal yang positif jika mereka (para gelandangan) ditempatkan berdekatan dengan kami” demikian kata-kata Gopman yang ditulis menjadi sebuah status panjang. Dan yang lebih menarik lagi, status tersebut sebenarnya sudah lumayan lama di-post pada laman akunnya yakni sekitar 3 tahun yang lalu (pada 2013). Walaupun kini status tersebut telah dihapusnya, tetap saja nasi sudah terlanjur menjadi bubur.

aa

Permasalahan ini sejatinya juga tidak terlepas dari andil TechCrunch sebagai media teknologi yang ramai pembaca. Dalam sebuah artikelnya, TechCrunch tidak hanya mengulas terkait Gopman yang telah resmi menjabat sebagai manajer bisnis VR di media sosial berlogo burung itu, tapi juga menambahkan informasi mengenai status yang ditulis Gopman 2 tahun yang lalu. Agaknya TechCrunch juga tidak sengaja sekaligus tak menyangka akan seperti ini jadinya. Media online ini juga mendapati sejumlah kabar yang beredar terkait status Gopman yang sebenarnya sudah ramai dibicarakan kala itu. Status yang dicantumkan sebagai informasi tambahan ini seakan kembali mem-blow up “keburukan” Gopman yang telah terlupakan hingga berujung dengan dirinya dipecat oleh Twitter.

Insiden ini kembali menjadi pelajaran bagi kita agar berhati-hati dalam mengambil tindakan maupun sikap, tidak terkecuali di dunia maya sekalipun. Oleh karenanya kita harus siap dengan segala resiko yang akan muncul bilamana akan membagi berbagai hal seperti foto, gambar, video, maupun tulisan ke dalam internet. Singkatnya, kita harus berpikir matang-matang sebelum berbuat.

SHARE

LEAVE A REPLY