Ups, Jenis Parasit Baru Ini Diberi Nama Barack Obama!

Ups, Jenis Parasit Baru Ini Diberi Nama Barack Obama!

599

Barack Obama menjadi inspirasi seorang profesor untuk menamai bakteri parasit yang baru saja dia temukan.

Kreasitekno.com — Dr. Thomas R. Platt baru saja menghebohkan warga Amerika Serikat dengan penelitiannya terkait penemuan jenis parasit baru. Pasalnya ia memberikan nama dari barang temuan terbarunya dengan nama orang nomor satu di Amerika Serikat, Barack Obama.

Baracktrema obamai, nama parasit temuan barunya, diberikan sebagai bentuk penghormatan darinya kepada Presiden AS tersebut. Dan ini bukan merupakan “bahan ejekan”, mengingat  nama tersebut diberikan pada spesies jenis parasit yang notabene adalah hal yang merugikan dan harus dibasmi. Profesor Biologi dari Universitas Saint Mary, Indiana, yang baru saja pensiun ini memang terbiasa memberikan nama-nama seseorang yang ia hormati pada spesies-spesies bakteri temuannya.

barack obama

“Saya telah memberikan sejumlah spesies dengan nama orang yang saya kagumi, dari ayah mertua saya, penasihat doctoral, dan teman-teman akademisi maupun naturalis amatir. Baracktrema obamai akan bertahan selama ada sistemasi yang mempelajari organisme yang luar biasa ini,” ungkap Platt (via Washingtonpost.com)

Tepatnya ada sebanyak 32 spesies yang telah ia temukan semasa pengabdiannya dalam bidang ilmu mikroorganisme ini. Dan baracktrema obamai hanyalah satu dari sekian bentuk penamaan unik yang ia dedikasikan terhadap barang temuannya.

Baracktrema obamai adalah jenis patogen mematikan pada penyu yang bentuknya menyerupai cacing pipih dengan ukuran tidak lebih besar dari sehelai rambut. Patogen ini ditemukan di daerah asalnya, sumber air bersih penyu di Malaysia. Ia menginfeksi bagian dalam paru-paru dari tubuh penyu dan menggunakannya sebagai inang untuk bertahan hidup.

dr-thomas-platt barack obama

Penelitian Platt mengungkapkan bahwa Baracktrema obamai juga termasuk dalam kerabat genus Unicaecum, parasit penyu lainnya. Dan keduanya masuk dalam kerabat yang lebih jauh dari cacing yang menyebabkan schistosomiasis, penyakit pada manusia. Sedangkan schistosomiasis, berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, telah menginfeksi sebanyak kurang lebih 200 juta penduduk tahun ini. Cacing ini merangkak ke pembuluh darah dan bertelur di inang mereka, yang dapat membuat korban merasakan demam, nyeri otot, masalah hati, bahkan kejang atau kanker.

Benar-benar mengesankan, ya. Bagaimana pendapatmu jika namamu yang didaftarkan sebagai salah satu jenis dari bakteri?

Kamu bisa kunjungi artikel ini jika masih penasaran dan ingin mengeksplorasi lebih lanjut. ^^

SHARE

LEAVE A REPLY