Banyak Berita Palsu di Sosmed, Berikut Cara Cek Keasliannya

Banyak Berita Palsu di Sosmed, Berikut Cara Cek Keasliannya

410
Banyak Berita Palsu di Sosmed

Headline berita yang banyak bermunculan di feed sosial media memang sangat menggoda. Terkadang hanya dengan membaca headline tersebut orang terburu-buru menyukai dan membagikan karena mungkin merasa haru, terkejut, takut, panik, bahagia atau yang lainnya. Sepertinya mulai sekarang anda harus lebih teliti, karena banyak berita palsu yang beredar.

Kan hanya berita? Apa ruginya seandainya langusung disukai atau dibagikan?

Studi yang dilakukan oleh sebuah majalah asal Jerman bernama c’t seperti yang dikutip dari The Star, Sabtu (5/8/2017) menemukan maraknya aktifitas Internet bot, yaitu sebuah program komputer yang bisa berjalan sendiri dan mengelabuhi pengguna seakan-akan itu adalah aktifitas asli yang dilakukan oleh manusia. Lebih parah lagi, karena pengguna sosmed seperti Facebook juga dapat seenaknya mengubah headline berita untuk sengaja menyesatkan pengguna terhadap informasi asli dari situs berita tersebut. Bukan hanya berita, gambar dan video sekalipun bisa diposting jauh dari konteks aslinya.

Selain dari feed news, terkadang kita juga sering menerima pesan baik dari perusahaan maupun dari personal. Isi pesan tersebut terkadang juga hanya sebatas jebakan betmen saja.

Untuk mengantisipasi hal tersebut c’t memberikan beberapa rekomendasi kepada user sosmed. Pertama, jangan langsung klik, like atau share berita yang muncul di news feed. Selangkan beberapa detik untuk meneliti terlebih dahulu. Kedua, pengguna bisa cross-cek kredibilitas alamat situs berita tersebut melalui whois.domaintools.com

Khusus untuk memastikan keaslian gambar, pengguna bisa menggunakan alat yang disediakan oleh TinEye. TinEye dapat mendeteksi apakah gambar tersebut asli, atau sudah pernah dipublish di media online.

Jika ingin memastikan dengan kata kunci, pengguna bisa memanfaatkan layanan situs hoaxsearch.com. Hoaxsearch adalah layanan non-profit berbentuk mesin penelusur untuk mencari berita-berita palsu yang beredar di Internet.


Baca Juga :


Menelisik lebih dalam, sebenarnya untuk apa sih orang menyebarkan berita palsu? Menurut editor majalah komputer c’t, Jo Bager, dibalik semua itu ada sebuah konspirasi besar, agenda politik ataupun aktifitas mendapatkan keuntungan dari kelalaian orang yang membuka link dan berhasil mendarat di website mereka. Nah di website tersebut sudah ada iklan-iklan yang siap memperkaya diri mereka sendiri.

SHARE

LEAVE A REPLY