Ups, Selfie Dengan Pose Dua Jari Ternyata Sangat Berbahaya!?

Ups, Selfie Dengan Pose Dua Jari Ternyata Sangat Berbahaya!?

2267
bahaya selfie dua jari

Kegiatan selfie dengan pose dua jari kini tidak lagi aman karena berbahaya dan bisa berisiko fatal, lho!

Kreasitekno.com Selfie sambil menggunakan pose dua jari sampai saat ini masih menjadi tren di seluruh dunia. Pose yang dilakukan dengan mengacungkan jari telunjuk dan jari tengah bisa jadi memiliki beberapa makna. Dengan membentuk huruf “V”, makna pose ini bisa memiliki arti victory atau kemenangan, atau bisa juga diartikan sebagai lambang kedamaian (peace). Hampir semua orang ketika berfoto atau ber-selfie setidaknya pernah menggunakan pose dua jari. Bahkan Presiden kita, Jokowi, bahkan memanfaatkannya di masa kampanye.

jkw

Namun, tahukah kamu bahwa berpose dua jari belakangan ini mulai tidak aman dilakukan? Bahkan banyak pihak yang menyarankan agar pose tersebut tidak lagi dilakukan atau setidaknya dihindari mengingat bahaya dan resiko yang mungkin terjadi. Apa tepatnya resiko atau bahaya yang dimaksud?

Menurut pihak berwenang di China, selfie dengan menggunakan pose dua jari akan meningkatkan risiko pencurian identitas orang yang bersangkutan di dalam foto. Bentuk pencurian identitas ini lebih tepatnya dilakukan melalui informasi sidik jari orang yang terdapat di dalam foto. Sebenarnya ini tidak hanya berlaku bagi pose dua jari, orang yang berfoto dengan model pose lain pun akan ikut terkena risiko yang sama. Selama orang di dalam foto memperlihatkan jari dengan cukup jelas, maka tidak menutup kemungkinan pencurian identitas dapat dilakukan.

trump

Seorang profesor di Konten Digital dan Media Ilmu Penelitian Divisi National Institute of Informatic, Isao Echizen, mengungkapkan bahwa dirinya telah berhasil memperoleh sidik jari dari foto jari yang diambil sejauh 3 meter. Setidaknya hal ini menjadi salah satu bukti dimana pengambilan informasi sidik jari dapat dilakukan hanya dengan bermodal foto.

Sebagaimana informasi yang dirangkum dari GizmoChina, Jumat (13/1/2017) lalu, pakar keamanan, Jan Krissler, dikatakan berhasil membuat tiruan digital sidik jari dari menteri pertahanan Jerman dengan menggunakan software komersil. Tiruan sidik jari digital tersebut didapat dari sebuah acara konferensi pers yang dihadiri sang menteri.

Bagi pengguna biasa sekalipun, hal ini masih terbilang cukup berbahaya. Karena saat ini ponsel pada umumnya sudah dilengkapi dengan fitur NFC untuk melakukan sejumlah aktifitas pembayaran. Dan fitur NFC sendiri biasanya sudah dilengkapi dengan keamanan sidik jari.

bahaya selfie dua jari

Namun demikian, kegiatan pencurian data (sidik jari) via foto hanya bisa dilakukan oleh para ahli yang berpengalaman di bidang security digital. Selain itu, juga masih membutuhkan foto yang memiliki resolusi tinggi agar detail sidik jari dapat dikonfirmasi untuk dibuat tiruan digitalnya.


Baca Juga: Internet Bereaksi Liar Pada Tantangan One-Finger Selfie! (NSFW)


Tapi tidak ada salahnya jika kita mulai berhati-hati dari sekarang. Hindari atau kurangi berfoto dengan memperlihatkan jari ataupun telapak tangan bagian dalam (bukan punggung).

SHARE

LEAVE A REPLY