Apple Hadirkan Dukungan Grafis Eksternal Support VR untuk MacBook

Apple Hadirkan Dukungan Grafis Eksternal Support VR untuk MacBook

317
Apple Hadirkan Grafis Eksternal untuk MacBook

Seperti yang kita ketahui lineup MacBook merupakan laptop dengan spesifikasi biasa ditujukan untuk pengguna kalangan umum. Dengan spesifikasi tersebut, MacBook bukanlah laptop gaming dan tidak mampu menjalankan aplikasi berat yang mengkonsumsi daya memori dan memerlukan hardware grafis yang tinggi.

Hadirnya dukungan grafis eksternal tersebut merupakan kabar gembira bagi pemakai MacBook. Kini dengan MacBook pengguna bisa memainkan game berat atau aplikasi yang membutuhkan resource tinggi seperti desain grafis atau aplikasi 3D. Bahkan grafis eksternal yang ditawarkan tersebut sudah dibekali dengan kemampuan Virtual Reality.

Seperti yang dikutip oleh The Verge, Selasa (6/6/2017), ini merupakan solusi bagi pengguna Mac agar dapat menikmati headset VR dengan laptop yang memiliki kemampuan ringan. Dalam rangka mewujudkan impian tersebut Apple memulainya dengan membuat grafis eksternal terlebih dahulu.

Grafis yang diluncurkan tersebut menggunakan AMD Radeon RX 580 8GB yang sudah mendukung teknologi VR. Agar pengguna dapat dengan mudah mengintegrasikan, grafis tersebut cukup di pasang pada soket Thunderbolt 3. Meskipun demikian, grafis tersebut hanya mendukung macOS 10.13 atau yang dikenal dengan macOS High Sierra. Sebagai bahan percobaan, Apple telah sukses memainkan VR dengan HTC Vive.

Memang agak ribet dalam integrasinya, karena pengguna masih membutuhkan sumber daya tambahan sebesar 350 watt untuk memfungsikan grafis eksternal tersebut.

Kabar ini sekaligus menjadi berita menggembirakan bagi pengguna macOS secara keseluruhan. Pasalnya, untuk memainkan VR selama ini pengguna masih harus memasang dual-boot ke laptop mereka. Seperti yang dikutip oleh Endadget, Selasa (6/6/2017), pengguna macOS selama ini masih memerlukan Windows sebagai second OS agar bisa memanfaatkan gadget VR. Itupun mereka masih harus memasang grafis eksternal yang mendukung, seperti Nvidia Razer Core.

Baca Juga :

Tentu saja anda harus membayar mahal agar dapat menikmati fungsi ekstra tersebut. Dalam event WWDC 2017, Apple memberikan harga perdana sebesar $599 atau setara dengan Rp. 8 jutaan. Tentunya ini bukan harga yang murah. Bersamaan dengan itu pengguna juga bisa sekaligus membeli headset VR HTC Vive yang dibanderol dengan harga $100, sekitar Rp. 1,3 juta.

Sumber : theverge

SHARE

LEAVE A REPLY