Hati-Hati, Lebih Dari 400 Aplikasi Playstore Bermuatan Malware!

Hati-Hati, Lebih Dari 400 Aplikasi Playstore Bermuatan Malware!

325
Hati-Hati, Aplikasi Play Store Bermuatan Malware
aplikasi playstore mengandung malware
Hati-Hati, Aplikasi Play Store Bermuatan Malware

Hati-hati kalau mendownload aplikasi dari playstore, kabarnya kini ada lebih dari 400 aplikasi playstore yang bermuatan malware, lho!

KreasiTekno.com – Kini, aplikasi Playstore sedang dihantui dengan infeksi malware bernama DressCode. Perusahaan keamanan Check Point menyebutkan bahwa setidaknya sekitar 40 aplikasi PlayStore telah terinfeksi oleh malware ini. Peretas memanfaatkan malware ini untuk iklan klik dan trafik palsu yang memberikan keuntungan bagi periklanan mereka.

Check Point memperkirakan bahwa malware DressCode telah menginfeksi lebih dari 400 buah aplikasi tidak resmi, sejak awal kemunculannya sekitar April 2016 lalu. Di sisi lain, laporan Nokia menyebutkan infeksi dari malware meningkat sebesar 96% pada pertengahan tahun pertama 2016 dan peningkatan tertinggi terjadi pada bulan April. Infeksi ini dilaporkan meningkat dua kali lipat dalam kurun waktu 6 bulan, jika dibandingkan dengan pertengahan tahun kedua 2015.

Phone Arena melaporkan bahwa peretas tidak hanya menargetkan ponsel Android melainkan juga untuk seluruh smartphone dengan sistem operasi lain. Untuk malware DressCode, dikatakan bahwa botnet dapat menyerang lebih serius, seperti memperoleh akses ke server dan file, terutama bagi pengguna perangkat pribadi untuk kebutuhan pekerjaan mereka atau BYOD.

Hingga artikel ini ditulis, setidaknya sekitar 78% infeksi malware terjadi pada smartphone dengan 74%-nya berbasis platform Android. Sebanyak 120 smartphone terinfeksi sejumlah tipe malware pada masa puncaknya di bulan April 2016.

Menurut database malware Nokia, jumlah aplikasi Android yang terinfeksi malware sebesar 875 persen dari 5,1 juta aplikasi pada Desember 2015 menjadi 8,9 juta di Juli 2016. Sedangkan, malware DressCode telah menginfeksi lebih dari 400 aplikasi tidak resmi sejak kemunculannya di bulan April lalu. Selain malware DressCode, Nokia mendeteksi tiga malware paling berbahaya, yaitu Uapush.A, Kasandra.B, dan SMSTracker.

Bagi pengguna smartphone, khususnya yang memiliki sistem operasi Android, disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengunduh aplikasi di Play Store. Malware ini, umumnya disematkan peretas pada aplikasi anak-anak, seperti Dress Up.

Credit : metrotvnews.com, adslzone.net

SHARE

LEAVE A REPLY