Aplikasi Kakatu, Bisa Lindungi Anak Dari Pengaruh Negatif Smartphone

Aplikasi Kakatu, Bisa Lindungi Anak Dari Pengaruh Negatif Smartphone

135
Aplikasi Kakatu

Kakatu adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para orang tua untuk melindungi anak-anaknya dari pengaruh negatif smartphone. Sebagaimana yang kita semua ketahui saat ini demam penggunaan gadget sedang melanda negara kita, penggunanya tidak hanya orang dewasa, bahkan anak kecil sekarang sudah familiar dengan perangkat yang satu ini.

Perangkat yang paling sering digunakan selain ponsel pintar diantaranya tablet. Dengan perangkat ini anak-anak bisa menginstal aneka game kegemaran mereka serta aplikasi lainnya. Sayangnya, berbagai fungsi aplikasi tersebut tidak disertai filter khusus yang bisa memisahkan mana yang boleh diakses anak-anak dan tidak. Sedangkan kita tahu sebuah perangkat yang terhubung ke internet akan memiliki akses tidak terbatas untuk digunakan berbagai aktifitas, termasuk mengakses konten khusus dewasa.

Untuk mengantisipasi hal seperti itulah aplikasi Kakatu dibuat. Seorang enterpreneur bernama Muhammad Nur Awaludin bersama beberapa rekan lainnya mengembangkan aplikasi ini sejak tahun 2014 yang lalu. Penciptanya terinspirasi dari pengalamannya sendiri yang sering menggunakan perangkat ini untuk bermain game.

Tertanggal 23 Desember 2014 setelah sebelumnya ia bersama timnya memutuskan untuk mengembangkan aplikasi ini, diluncurkanlah aplikasi Kakatu ke pasaran. Hingga kini startup yang dibangunnya telah mendapatkan berbagai penghargan bergengsi seperti IDByte Startup Hunt, Global Brain Awards 2015, Interactive Media dan sebagainya.


Baca Juga : Youtube Kids Hadirkan Konten Video Menarik Khusus Anak-anak


Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Sebelumnya orang tua bisa instalkan Kakatu pada perangkat yang akan digunakan buah hatinya, isi registrasi serta buat PIN untuk mengakses menu didalamnya. Dari situ, para orang tua bisa memilhkan apa saja aplikasi dan game yang bisa diakses anak-anak pada perangkatnya. Selain itu Kakatu juga memungkinkan untuk membatasi waktu anak untuk bermain pada perangkat.

Sebagai pengaman dari kemungkinan aplikasi Kakatu terhapus dari perangkat, aplikasi ini juga akan meminta otorisasi berupa permintaan PIN jika hendak melakukan uninstall.

SHARE

LEAVE A REPLY