Aplikasi Bikinan Edward Snowden Bisa Rubah Smartphone Jadi Home Security System

Aplikasi Bikinan Edward Snowden Bisa Rubah Smartphone Jadi Home Security System

5941
Aplikasi Bikinan Edward Snowden

Siapa yang tak kenal Edward Snowden, pria kelahiran Amerika yang terkenal dengan opini-opini tajamnya mengenai privasi dunia maya, hacking, serta terobosan-terobosan canggihnya seputar dunia keamanan siber.

Beberapa tahun yang lalu Snowden sempat menyuarakan pendapatnya dengan lantang mengenai keamanan privasi data terkait dengan penggunaan layanan internet karena rawan akan kebocoran informasi privat yang ia sinyalir akan menjadi masalah besar di kemudian hari (sekarang mulai terbukti kebenarannya).

Pria yang juga menyandang status sebagai whistleblower-nya NSA tersebut pernah menguak dokumen rahasia terkait dengan program pengawasan Amerika Serikat dan memberikannya ke tangan wartawan. Semenjak itu Snowden menetap di Rusia dan mendapatkan perhatian penuh oleh pemerintah setempat, termasuk ijin sah menetap jika ia mau.

Kiprah Snowden yang begitu berani menyorot banyak perhatian. Kini sang whistleblower kembali mengejutkan jagat maya dengan aplikasi besutannya. Aplikasi tersebut bernama Heaven, dikembangkan bersama-sama dengan The Guardian Project dan Freedom of The Press. Aplikasi yang sekarang bisa dinikmati melalui Play Store (Beta) tersebut mampu merubah smartphone menjadi sistem keamanan pintar (smart home security system).

Cara kerjanya sangat simpel. Aplikasi tersebut mampu menggunakan berbagai sumber daya yang sudah ada di smartphone seperti halnya sensor gerak, kamera, microfon dan lain sebagainya.

Seketika anda menjalankan, aplikasi dapat membaca gerakan (motion) melalui kamera dan suara (noise). Semua yang ia tangkap akan disimpan ke dalam log untuk di review oleh penggunanya kemudian. Jadi anda bisa memanfaatkan smarphone yang sudah terinstal Heaven sebagai CCTV gratis.

Hebatnya lagi ia dapat mengirim notifikasi ke nomor tertentu sebagai laporan hasil pengintaian yang dilakukan dalam bentuk teks. Jadi aplikasi ini sangat beda dengan aplikasi CCTV yang sudah ada di Play Store. Pengguna tidak memerlukan koneksi internet untuk melakukan pengawasan dengan Heaven.


Baca Juga Google Home: Assistant Canggih yang Lebih dari Sekedar Smarthome!


Melihat cara kerjanya yang praktis, Micah Lee salah seorang member di Freedom Of The Press mengatakan kepada The Intercept seperti yang kami kutip dari TechCrunch, Selasa 26 Desember 2017 bawa Heaven adalah sebuah solusi untuk smart home security system yang murah meriah.

SHARE

LEAVE A REPLY