Aplikasi Baru yang Hadirkan Solusi Membaca bagi Tunanetra

Aplikasi Baru yang Hadirkan Solusi Membaca bagi Tunanetra

321
Aplikasi BarSolusi Membaca bagi Tunanetra

Buku sebagai jendela dunia rasanya kurang bisa dinikmati oleh penyandang tunanetra di Indonesia. Selain kurangnya perhatian pemerintah terhadap kaum difabel, terlebih buku adalah hal yang cukup mahal bagi kaum tunanetra. Pasalnya dari sekian juta penyandang tunanetra, hanya sekian persen saja yang mampu mendapatkan fasilitas buku braile.

Bayangkan, 3,5 juta atau satu persen penduduk di Indonesia mengidap kebutaan dan jumlah ini bisa disetarakan dengan jumlah penduduk Singapura, seperti yang dilansir oleh Merdeka.com (Jumat, 12/10/2012). Berdasarkan data dari PERTUNI (Persatuan Tunanetra Indoneisa), tahun 2016 di Indonesia terdapat 3,7 juta penyandang tunanetra. Hingga kini mereka belum mendapatkan perhatian khusus dalam urusan membaca.

Tepatnya pada hari Senin (22/5/2017) adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh kaum tunanetra setelah aplikasi Ayobaca.in resmi diluncurkan di Universitas Indonesia, Jakarta. Aplikasi tersebut hadir berkat kerjasama antara PT. XL Axiata Tbk dan penyedia aplikasi Ayobaca.in yang beranggotakan para mahasiswa yang diantaranya adalah jebolan Program XL Future Leaders (XLFL) angkatan ke-3.  Nama-nama dibalik aplikasi Ayobaca.in antara lain Deka Komanda Yogyantara, Claristy, Razii Abraham, Debora Valentini Br Ginting dan Ferry Fernando sebagai mahasiswa jebolan XLFL serta  Risyad Ridho Hasbullah dan Velta Azizah Destiana mahasiswa diluar XLFL.

Aplikasi Ayobaca.in dirancang sedemikian rupa dengan teknis merubah isi buku menjadi format audio. Ada ragam sumber bacaan yang bisa dinikmati mulai dari komik, buku-buku ilmiah, novel hingga modul pembelajaran. Untuk menunjang ketersediaan bahan, Ayobaca.in juga mengajak masyarakat umum untuk menyumbangkan suaranya agar bisa dinikmati oleh kaum tunanetra dalam bentuk audio.


Baca Juga Apple Book: Buku “Biasa” Buatan Apple Ini Dihargai 4 Juta!


Masyarakat yang ingin menjadi sukarelawan dapat membacakan berbagai macam buku sesuai dengan keinginan mereka yang sudah disediakan di Ayobaca.in. Caranya sangat mudah mereka tinggal merekam dengan teknik membaca nyaring secara real time kapanpun mereka mau. Hasil rekaman tersebut nantinya oleh tim Ayobaca.in akan dirubah menjadi format audio CD. Setelah lengkap menjadi satu buku, kemudian audio CD tersebut akan di distribusikan ke berbagai yayasan dan perpustakaan khusus tunanetra oleh Yayasan Mitra Netra (Penasumatra, Selasa 30 Mei 2017).

SHARE

LEAVE A REPLY