Jadilah Anti Hoax, Baca 5 Cara Ini Agar Terhindar dari Berita Hoax!

Jadilah Anti Hoax, Baca 5 Cara Ini Agar Terhindar dari Berita Hoax!

1236
anti hoax caramenghindari berita hoax

Penyebaran berita hoax telah memakan banyak korban! Inilah beberapa langkah agar terhindar dari berita hoax menurut Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax.

Kreasitekno.com — Siapa yang tak kenal dengan istilah hoax? Terlebih lagi belakangan ini sedang marak berita-berita hoax yang tersebar melalui media internet. Mudahnya arus informasi yang bisa diakses menjadi salah satu penyebab utama menjamurnya berbagai berita palsu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Banyak pula pihak yang menjadi korban dan dirugikan atas tersebarnya berita palsu tersebut. Jika tidak waspada, maka netizen akan ikut termakan tipuan hoax dan bahkan ikut menyebarkannya.

anti hoax

Lantas dengan cara apa agar para pengguna internet tidak ikut termakan berita hoax? Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax, Septiaji Eko Nugroho, di sela deklarasi Masyarakat Anti Fitnah di Jakarta, Minggu (8/1/2016), memaparkan lima langkah sederhana yang bisa membantu dalam mengidentifikasi mana berita hoax dan mana berita asli.

1. Hati-Hati dengan Judul Provokatif

Pada umumnya berita hoax akan memiliki judul yang sensasional dan provokatif. Semisal berupa tuduhan pada pihak tertentu dengan konten yang diduplikat dari media resmi namun diubah pada beberapa bagian tertentu sehingga menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

Oleh karenanya, bilamana menjumpai berita dengan judul yang provokatif ataupun sensasional, sebaiknya cari terlebih dahulu referensi berupa berita yang serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya. Setidaknya pembaca bisa mendapatkan perspektif tidak hanya dari satu sumber.

2. Cermati Alamat Situs

Perhatikan lebih detail alamat URL dari situs, termasuk beberapa informasi yang diperoleh dari website atau disertai dengan pembubuhan link. Menurut catatan Dewan Pers, di Indonesia terdapat sekitar 43.000 situs di Indonesia yang mengklaim sebagai portal berita.

Dari keseluruhan, yang sudah terverifikasi sebagai situs berita resmi kurang dari 300 situs. Dengan demikian, setidaknya ada sekitar puluhan ribu situs yang berpotensi menyebarkan berita palsu di internet yang mesti diwaspadai.

3. Periksa fakta

Teliti lebih cermat dengan melihat darimana sumber berita atas informasi yang berasal dari beberapa pihak, baik itu aktivis ormas, tokoh politik, ataupun pengamat. Jika hanya berasal dari satu sumber, maka informasi yang bersangkutan masih kurang valid kebenarannya. Akan jauh lebih baik lagi jika informasi tersebut didukung oleh banyak sumber. Selain itu, hal yang perlu diamati adalah suatu informasi bersumber dari fakta atau opini. Dalam hal ini, kesaksian sumber informasi menjadi penentu apakah berita tersebut berdasarkan fakta atau hanya sekedar opini.

4. Cek keaslian foto

Kelengkapan berbagai fasilitas menyebabkan mudahnya proses manipulasi data-data digital, termasuk teks, foto, maupun video. Hal ini tidak menutup kemungkinan berbagai bentuk foto atau video palsu yang beredar ditujukan dalam rangka memprovokasi pembaca.

Untuk menguji keaslian foto tersebut, bisa dengan menggunakan mesin pencari Google. Prosesnya yakni dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images, kemudian akan tersaji gambar-gambar serupa sehingga bisa dibandingkan.

5. Bergabung dengan Grup Anti-Hoax

Adakalanya netizen perlu untuk ikut dan bergabung dalam grup diskusi anti-hoax. Hal ini akan sangat membantu dan memudahkan netizen untuk mengecek keaslian suatu berita sehingga lebih aman dari resiko berita hoax.

Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa grup diskusi anti-hoax, beberapa diantaranya yakni Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage & Group Indonesian Hoax Buster, Fanpage Indonesian Hoaxes, dan Grup Sekoci.


Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Netizen Indonesia Doyan Berita Hoax!


Demikian sejumlah langkah serta upaya pencegahan menurut Septiaji Eko Nugroho selaku Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax agar terhindar dari berita hoax yang saat ini sedang marak di Tanah Air. Bagaimana denganmu? Sudahkah kamu menerapkan langkah-langkah di atas? Ataukah kamu punya cara lain untuk terhindar dari Hoax? Bagi tips dan saranmu ke dalam kolom komentar ya?

SHARE

LEAVE A REPLY