Begini Cara Mengatasi Android Mati Total Bootloop!

Begini Cara Mengatasi Android Mati Total Bootloop!

2206

Smartphone android mati total, bootloop dan tak mau di-restart? Tenang saja, kita punya solusinya!

Kresitekno.comSmartphone android bootloop, mati total atau tidak bisa melakukan restart sama sekali? Masalah ini kerap sekali membuat pengguna ponsel android panik dan putus asa, karena memang ponsel ketika mengalami seperti ini benar-benar tidak bisa digunakan. Namun kamu tidak perlu khawatir jika mengalami masalah  seperti ini, karena pada kesempatan kali ini kita akan berbagi infromasi tentang Tips Cara Mengatasi Android Mati Total Bootloop kepada anda semua.

Tips Cara Mengatasi HP Android Mati Total Bootloop

Sebenarnya untuk mengatasi masalah android mati total bootloop itu sangatlah mudah, yakni cukup dengan mengembalikan pada setelan pabrik atau dalam bahasa kerennya “factory reset” melalui recovery mode.

Nah, untuk kamu yang belum mengenal istilah recovery mode pasti kebingungan mengenai hal tersebut. Factory reset yang ada dalam recovery mode ini merupakan salah satu fitur canggih yang dimiliki oleh sistem operasi android, di mana fungsinya ialah untuk mengembalikan setelah yang ada pada smartphone android seperti pertama kali ketika kamu membelinya.

Menu Recovery mode ini mampu memperbaiki software rusak yang ada di dalam hp android yang biasannya menyebabkan terjadinya bootloop itu tadi. Sehingga hal ini bisa dilakukan atau merupakan cara yang paling tepat untuk anda lakukan apabila hp android anda mengalami masalah tersebut. Lantas bagaimankah cara masuk kedalam recovery mode ini? Berikut caranya:

Langkah pertama masuk pada bagian recovery mode.

Biasanya untuk melakukan recovery mode ini caranya matikan dulu smartphone, lalu tekan dan tahan (tombol volume up + down + tombol power) secara bersamaan, dengan begitu maka secara otomatis maka kamu akan masuk pada recovery mode.

Namun perlu diingat, untuk masuk pada menu recovery mode ini setiap smartphone memiliki cara yang berbeda-beda,  dan cara yang kita lakukan ini menggunakan smartphone Samsung. Tampilan yang ada pada recovery mode ini hanya berupa tulisan saja, kamu tidak bisa menggunaka touchscreen maupun fitur lainnya. Untuk keperluan navigasi, kamu bisa menggunakan tombol volume up/down.

Lakukan Wipe data / Factory Reset

Setelah kamu sukses masuk kedalam Recovery Mode, cari menu “Wipe Data / Factory Reset”, setelah itu tekan tombol home untuk memulai proses. Jika sudah selesai, lakukan reboot, dan selesai.

Nah, cukup mudah ‘kan cara mengatasi android mati total bootloop? Cara ini juga bisa kamu gunakan apabila smartphone android-mu terkunci dan kamu lupa passwordnya. Dengan menggunakan recovery mode ini maka kamu bisa membuka smartphone-mu lagi.

Perlu di ingat, Recovery Mode ini hanya bisa dilakukan pada saat ponsel mati. Selain itu, sebaiknya kamu memiliki kapasitas baterai sekitar 70% agar nantinya ponsel tidak mati saat proses factory reset.

Namun jika smartphone android-mu masih tetap tidak bisa menyala, maka langkah terkahir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan flash firmware atau pun melakukan install ulang sistem operasi.

Demikian informasi dari kami tentang tips cara mengatasi smartphone android mati total bootloop, semoga artikel ini bermanfaat.

SHARE

LEAVE A REPLY