Ups, Banyak Anak-Anak Kecil Indonesia Yang Sudah Kecanduan Internet!

Ups, Banyak Anak-Anak Kecil Indonesia Yang Sudah Kecanduan Internet!

643
kecanduan internet

Adakah strategi baru sebagai bentuk pengawasan orang tua untuk mengatasi anak-anak kecil yang kecanduan internet?

Kreasitekno.com — Masih ingat dengan apa yang sering dimainkan dulu saat kita masih kecil? Ada petak umpet, gobag sodor, egrang, kelereng, lompat tali, dan masih banyak lainnya. Itulah jenis-jenis permainan yang saat ini dianggap sebagai permainan tradisional, beberapa orang kerap menamainya dengan permainan tahun 90-an. Namun tampaknya semua bentuk permainan yang melibatkan pola hubungan sosial tersebut kini sudah mulai ditinggalkan karena kecanduan internet.

Tak dapat disangkal lagi bahwa sudah sejak beberapa tahun belakangan, bumi Nusantara benar-benar telah mengalami perubahan era yang menggiring masyarakatnya ke dalam sebuah ekosistem sosial yang baru. Dan teknologi khususnya internet menjadi poros utama yang mendorong perubahan ini.

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Senin (24/10/2016), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) telah mengumumkan data pengguna internet yang ada di Indonesia. Di dalam uraiannya, APJII menyatakan bahwa terjadi perubahan demografi yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah pengguna internet khususnya pada anak usia 10-14 tahun.

ketua-apjii kecanduan internet

“Sekarang anak usia 10-14 tahun pun sudah mulai banyak yang mengakses internet. Anak-anak usia ini justru belum bermain di media sosial, tapi rata-rata memakai internet untuk menonton video. Biasanya mengakses video itu dari YouTube.” ujar ketua APJII, Jamalul Izza pada sela acara pengumuman hasil Survei Pengguna Internet Indonesia 2016 di Jakarta.

Hasil survei APJII menyatakan bahwa ada sekitar 768.000 pengguna internet dalam rentang usia 10–14 tahun. Kemudian catatan jumlah terbanyak dari pengguna internet ada pada rentang usia 25-29 tahun, yakni mencapai kisaran 24 juta orang. Sedangkan total pengguna internet yang ada di Indonesia pada tahun ini (2016) telah mencapai 132,7 juta orang. Total jumlah tersebut menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yakni sebesar 51,8%, dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 88 juta pengguna. Dan seperti yang diperkirakan, jumlah pengakses internet yang paling besar adalah di pulau Jawa.

Berikut informasi lebih detail mengenai penyebaran jumlah pengguna internet yang ada di Indonesia:

  • 86,3 juta atau 65 persen di Jawa
  • 20,7 juta atau 15,7 persen di Sumatera
  • 8,4 juta atau 6,3 persen di Sulawesi
  • 7,6 juta atau 5,8 persen di Kalimantan
  • 6,1 juta atau 4,7 persen di Bali dan NTB
  • 3,3 juta atau 2,5 persen di Maluku dan Papua

Data-data tersebut masih bersifat “sementara”, karena diprediksi tak lama lagi jumlah pengguna internet Indonesia akan kembali meningkat dalam jumlah yang besar. Perubahan ini merupakan hal yang positif mengingat peran internet begitu besar dalam peningkatan SDM masyarakat. Dengan internet, seseorang akan mampu melihat “dunia” ini lebih luas lagi.

Namun demikian, kondisi ini akan menjadi sedikit berbeda pada anak-anak yang dirasa masih “terlalu dini” untuk bermain internet. Ditakutkan mereka nantinya akan membuka sesuatu yang bukan konsumsi mereka atau mereka menjadi kecanduan internet. Mau tidak mau orang tua harus bersiap untuk selalu mengawasi dan mengontrol aktivitas anaknya selama berinternet. Karena kemungkinan apapun bisa terjadi sebab anak-anak masih belum benar-benar mampu membedakan mana yang benar dan salah.

SHARE

LEAVE A REPLY