AMD Ryzen Akhirnya Rilis APU versi Laptop

AMD Ryzen Akhirnya Rilis APU versi Laptop

216
AMD Ryzen Akhirnya Rilis

Ryzen adalah processor kelas high-end milik AMD yang akhir-akhir ini sempat membuat pesaing utamanya gentar. Ryzen APU seri PC sukses di berbagai benchmark dan terbukti unggul dari berbagai sisi terutama efisiensi daya dan performa.

Setelah terbukti handal di PC, Ryzen mobile processor siap diboyong ke laptop untuk pertama kalinya. Di pasaran ia akan diadu dengan processor Intel generasi ke-8 yang lebih dulu hadir sebagai otak laptop kelas atas.

Kali ini Ryzen akan menyuguhkan dua model processor yaitu Ryzen 2700U dan Ryzen 5 2500U. Keduanya memiliki empat inti (quad-core processor) dengan 8 thread, serta Radeon Vega Graphics sebagai chip GPU yang ditanamkan.

Dari dua model tersebut, Ryzen 2700U adalah yang paling powerful dengan base clock speed 2.2GHz (max. 3.8GHz). Sementara Ryzen 2500U memiliki kecepatan clock standar 2GHz yang dibisa tingkatkan menjadi 3.6GHz. Meskipun ada perbedaaan mendasar pada clock speed, kedua APU tersebut memiliki TDP 15W, yang artinya cukup hemat baterai.

Secara natural spesifikasi tersebut sangat powerful dan hemat daya, sehingga sangat cocok di pasang di laptop dan hemat baterai.

Terkait dengan performa tersebut AMD telah membuka beberapa data benchmark untuk mendemonstrasikan kekuatan chip Ryzen terbaru ini. Benchmark secara aktual telah dibuktikan oleh beberapa pihak. Menurut TechRadar, 27 Oktober 2017, Ryzen 7 2700U mampu memperoleh skor benchmark 719 menggunakan Cinebench R15 nT (menggunakan parameter CPU multi-thread performance). Angka tersebut ternyata jauh lebih unggul dari pada data benchmark terhadap Intel Core i7-8550U yang hanya memperoleh angka 498 dengan parameter sama.


Baca Juga HP Luncurkan Laptop Gaming Rasa Desktop Spesialis Overclocking


Lantas bagaimana performa grafisnya? Karena seri processor tersebut juga diorientasikan untuk gaming, maka penting juga mengetahui performa Radeon Vega yang disandangnya. Untuk hal ini telah dibuktikan sendiri oleh AMD dengan membandingkan 2 laptop kelas atas yaitu HP Envy x360 dengan processor Ryzen 7 2700U dan Acer Swift 3 dengan processor Intel Core i7-8550U. Menggunakan 3DMark Time Spy benchmark, ternyata HP Envy x360 lebih unggul dengan APU Ryzen 7 2700U.

SHARE

LEAVE A REPLY