Alibaba Tidak Disetujui Otoritas AS Untuk Akusisi MoneyGram

Alibaba Tidak Disetujui Otoritas AS Untuk Akusisi MoneyGram

162
Alibaba Tidak Disetujui Otoritas

Aksi merger antara Ant Financial Service Group sebuah unit usaha Alibaba Group bersama MoneyGram dibatalkan akibat tidak mendapatkan persetujuan dari otoritas AS.

Padahal merger yang sudah direncanakan antara kedua perusahaan tersebut membawa nilai yang fantastis, yakni 1,2 miliar dollar AS. Pembatalan tersebut resmi diumumkan pada Rabu (3/1/2018) oleh kedua pihak waktu setempat.

CFIUS dalam hal ini adalah pihak yang memiliki otoritas dan bertanggung jawab dalam mengkaji jika ada investor asing yang akan mengakuisisi perusahaan asal AS. Pembatalan merger Ant Financial Group tidak disetujui oleh CFIUS atas dasar keamanan nasional. Melihat keputusan tersebut sepertinya ada seleksi super ketat yang dilakukan oleh otoritas AS terhadap rencana investasi China.

Keputusan CFIUS tersebut meninggalkan kekecewaan terhadap kedua belah pihak. Jack Ma, sang miliader dibalik raksasa Alibaba group merasa kecewa karena ia sudah bertekad untuk membuka 1 juta lapangan pekerjaan baru di AS. Komitmen tersebut sudah ditunjukkan kepada Presiden Donald Trump jauh-jauh hari sebelumnya. Sementara sang CEO MoneyGram Alex Holmes juga mengungkapkan kekecewaanya terhadap keputusan CFIUS.

Mengutip dari BBC via Ekonomi Kompas, Kamis (4/01/2018) Alex Holmes mengatakan bahwa keputusan tersebut tidak lepas dari iklim geopolitik antara pemerintah AS dan China. Ia menangkap bahwa lingkungan geopolitik sudah bergeser sejak pihaknya mengumumkan rencana transaksi dengan Ant Financial setahun yang lalu. MoneyGram Internasional merupakan perusahaan jasa pengiriman uang asal Amerika Serikat.

Alibaba Group akhir-akhir ini memang getol melakukan ekspansi bisnis di berbagai belahan dunia. Sebelum ini perusahaan raksasa tersebut juga sudah akuisisi perusahaan ritel raksasa asal Tiongkok bernama Sun Art. Di Amerika Serikat ternyata rencana Alibaba tidak semulus seperti yang telah dilakukan selama ini.

SHARE

LEAVE A REPLY