Algoritma Baru Ditemukan Untuk Permak Foto Resolusi Rendah Jadi Kinclong

Algoritma Baru Ditemukan Untuk Permak Foto Resolusi Rendah Jadi Kinclong

344
Permak Foto Resolusi Rendah

Siapapun yang berkecimpung dalam dunia olah gambar pasti paham bahwa tidak mudah menyulap sebuah gambar atau foto resolusi rendah menjadi gambar atau foto beresolusi tinggi meskipun dengan alat modern yang ada di jaman ini.

Hari ini sekelompok ilmuan komputer dari Max Planck Institute Jerman akan segera merubah paradigma tersebut. Mereka menemukan sebuah algoritma yang memiliki cara kerja ajaib dalam merubah kualitas foto.

Algoritma tersebut dinamakan sebagai EnhanceNet-PAT. Ia bekerja menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk menyulap foto resolusi rendah menjadi foto beresolusi tinggi. Terlebih lagi dengan kombinasi mesin pembelajaran canggih, ternyata penemuan tersebut masih bisa ditingkatkan lagi menjadi sebuah mesin yang penuh keajaiban.

Seorang anggota penelitian, Mehdi M.S. Sajjadi mengatakan kepada Digital Trends, 31 Oktober 2017 seperti yang kami kutip bahwa “penelitian seperti ini sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa dekade”, tapi belum ada hasil yang memuaskan. Ternyata memang peneliti-peneliti sebelumnya salah menerapkan teori dengan meminta sebuah neural networks untuk merubah hal yang mustahil, walhasil gambar tetap blur.

Tim EnhanceNet-PAT mengambil langkah berbeda yaitu dengan melatih algoritma tersebut dengan cara memberinya asupan pembelajaran berupa data-data gambar dalam jumlah besar sehingga algoritma tersebut dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenali berbagai bentuk tekstur gambar. Dengan proses perbandingan dan penilaian, akhirnya algoritma tersebut dapat bekerja sendiri bahkan tanpa adanya intervensi tangan manusia.

Penerapan algoritma tersebut bisa sangat luas di berbagai bidang industri. Sajjadi menerangkan bahwa teknik yang ditemukan bersama timnya itu bisa merubah film lawas menjadi film baru berkualitas 4K, mendaur ulang foto keluarga yang sudah blur menjadi seperti baru bahkan dengan resolusi yang lebih tinggi, ataupun untuk keperluan lain yang sifatnya lebih umum seperti untuk meningkatkan deteksi obyek.


Baca Juga Cetak Foto Dimana Saja Dengan Canon Selphy CP 1300


Pada aplikasi yang lebih kompleks, algoritma tersebut juga bisa dipadukan dengan sistem neural networks lain untuk mendeteksi obyek yang terdapat pada gambar. Contoh aplikasinya bisa dalam Google search image atau bahkan untuk mendeteksi pejalan kaki pada sistem mobil tanpa supir.

SHARE

LEAVE A REPLY