Amazon Gelar Alexa Prize, Sayembara “Robot Gosip” Berhadiah 32 M!

Amazon Gelar Alexa Prize, Sayembara “Robot Gosip” Berhadiah 32 M!

476
alexa prize

Kamu suka mengembangkan kecerdasan buatan untuk robot? Coba saja ikuti sayembara Alexa Prize ini!

Kreasitekno.com – Teknologi kecerdasan buatan, atau yang biasa disebut dengan AI benar-benar telah memulai periode pengembangannya yang besar-besaran. Apapun yang diinginkan manusia, termasuk pula kreativitas maupun kebiasaan nyeleneh yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari sebisa mungkin diterapkan pada mesin. Manusia semakin sadar bahwa dengan AI, mereka bisa memanipulasi dan memodifikasi “benda mati” sesuka hati, hingga batas imajinasilah yang akan menghentikan semua itu.

alexa prize

Rupanya keinginan ini dirasakan pula oleh perusahaan kelas kakap bernama Amazon. Beberapa hari yang lalu, Amazon tengah melakukan semacam sayembara yang ditujukan pada seluruh mahasiswa dari berbagai universitas di dunia. Perusahaan online raksasa ini menyatakan bahwa bagi siapapun yang mampu menciptakan sistem kecerdasan buatan (AI) ataupun robot yang mampu diajak ngobrol secara normal dan lancar, maka akan mendapatkan sebuah penghargaan sekaligus hadiah yang mengesankan. Bahan obrolannya pun seputar permasalahan yang ringan, seperti gosip, selebritas, olahraga, dan semacamnya.


Baca Juga : Robot Berkemampuan Memahami Perasaan Sedang Dikembangkan Sony!


Tak tanggung-tanggung, kompetisi yang dikenal dengan nama Alexa Prize itu benar-benar menyediakan sejumlah imbalan yang memukau, yakni dengan total hadiah sebesar 2,5 juta dollar AS, atau setara 32,5 miliar rupiah (dengan nilai konversi Rp 13.000 / dollar). Tim pemenang akan memperoleh 500.000 US Dollar, dengan universitas dari tim pemenang mendapatkan hadiah penghargaan sebesar 1.000.000 US Dollar. Sementara itu, 10 tim yang terpilih juga akan menerima sponsorship serta uang sejumlah 100.000 US Dollar.

static1-squarespace-com

Perlombaan Alexa Prize ini diadakan secara terbuka bagi tim mahasiswa dari universitas manapun di seluruh dunia. Dengan kata lain, muncul lagi satu kompetisi robot tingkat dunia yang sementara ini bersaing dengan berbagai kejuaraan robot antar universitas lainnya. Walaupun hanya digelar sekali, perlombaan ini akan menjadi daya tarik dan tantangan tersendiri bagi para pecinta robot, khususnya kalangan mahasiswa yang memiliki otak “brilian”.

04-poppy-robot

Penentuan pemenang lomba dinilai dari seberapa jauh robot tersebut mampu melakukan percakapan dengan manusia secara harmonis dan menarik selama 20 menit. Selain itu, para peserta diwajibkan memakai Alexa Skills Kit sebagai salah satu “bahan dasar” yang diterapkan ke dalam robot. Tools ini nantinya akan digunakan sebagai aplikasi berbasis suara yang bisa diakses melalui layanan Alexa milik Amazon. Topik yang dibicarakan bisa dari berbagai macam kategori, termasuk The Washington Post.

Benar-benar menarik, ya. Bayangkan saja, sebuah robot mampu bercakap-cakap dengan lancar bersama host di hadapan puluhan atau ratusan audiens dan membicarakan seputar permasalahan yang terjadi. Padahal kita saja belum tentu mampu melakukan itu, bisa karena grogi, gagap, atau mungkin introvert. Bagaimana menurutmu?

Sumber

SHARE

LEAVE A REPLY