Alasan Kenapa Banyak Orang Jepang Berhenti Main Pokemon GO

Alasan Kenapa Banyak Orang Jepang Berhenti Main Pokemon GO

1180

Tampaknya, Pokemon GO tidak terlalu populer di negeri asalnya. Banyak juga orang Jepang yang berhenti main Pokemon GO. Apakah karena selalu menemukan Pidgey dan Rattata?

Kreasitekno.com – Sudah 10 minggu berlalu semenjak Pokemon GO pertama kali dirilis. Selama itu pula, Pokemon GO mampu menciptakan fenomena yang luar biasa dan juga, tentunya, keuntungan yang tak kalah besar bagi pihak Niantic Labs. selaku developer-nya. Akan tetapi, meski sampai saat ini Pokemon GO masih cukup populer, game ini secara perlahan-lahan mulai kehilangan pemainnya—tak terkecuali pemain yang berasal dari negari asal game ini: Jepang. Yep, cukup banyak orang Jepang yang berhenti main Pokemon GO.


Baca Juga: Pokemon GO Buddy System: Daftar Jarak Yang Harus Kamu Tempuh Untuk Dapatkan Candy


Sebuah perusahaan asal Jepang, MMD (Mobile Marketing Data) Laboratories, melakukan sebuah survey akhir bulan lalu. Mereka mewawancarai 2.190 orang berumur antara 15 hingga 69 tahun mengenai Pokemon GO.

orang jepang berhenti main pokemon go

Meskipun kelihatannya cukup banyak orang yang bermain Pokemon Go, tetapi pada kenyataannya 62,3% dari mereka tidak pernah memainkannya. Sisanya: 24,2% masih bermain dan 13,5% telah berhenti main Pokemon GO. Dan dari semua orang yang bermain Pokemon GO, ternyata hampir 20% dari mereka memberikan nilai 5 dari 10 poin untuk game ini. Sisanya, 17,2% memberikan nilai 7 dan 13,7% memberikan nilai 8.


Baca Juga: Begini Lho Caranya Mendapatkan Pikachu Pokemon GO!


Lalu, pertanyaan terakhir pun dilontarkan kepada para mantan pemain: kenapa mereka berhenti main Pokemon GO? Ternyata alasan yang paling banyak muncul (42%) adalah karena Pokemon GO menghabiskan baterai! Yep, baterai smartphone yang cepat habis akan makin cepat habis ketika memainkan Pokemon GO yang terhubung ke internet. Memang, dengan mematikan AR akan bisa lebih menghemat baterai, tetapi tampaknya hal itu tidak begitu berpengaruh. Bahkan, power bank juga sepertinya tak banyak membantu.

orang berhenti main pokemon go menghabiskan baterai

Lalu, bagaimana dengan alasan lain? Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang Jepang berhenti main Pokemon GO:

  1. Tidak banyak yang bisa dilakukan ketika bermain di rumah – 38%
  2. Repetitif/Game-nya cuma begitu-begitu saja – 37.6%
  3. Pokemon yang muncul hanya yang itu-itu saja – 31.5%
  4. Bermain sambil berjalan itu berbahaya – 23.4%
  5. Tidak menemukan Pokemon langka – 21.4%
  6. Game ini menghabiskan waktu – 20.3%
  7. Tidak terhibur dengan gym – 17.3%
  8. Tidak menemukan seekor Pokemon pun – 16.6%
  9. Meningkatkan level yang merepotkan – 16.6%
  10. Tidak ada PokeStop di sekitar – 13.6%
  11. Level Pokemon di gym terlalu tinggi – 12.9%
  12. Kehabisan Pokeball – 5.4%
  13. Tidak ada gym di sekitar – 5.4%
  14. Orang yang kukenal berhenti bermain – 2.4%
  15. Lain-lain – 12.5%

Baca Juga: Cover Inggris OST Kimi no Na Wa Ini Bakal Membuatmu Baper! (Video)


Bagaimana menurtmu tentang alasan kenapa orang Jepang berhenti main Pokemon GO, di atas? Apakah kamu juga salah satu mantan pemain Pokemon GO? Apa alasanmu sehingga memutuskan untuk berhenti memainkan game ini? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…

via: Rocketnews

SHARE

LEAVE A REPLY