Akankah Nokia Asha Bangkit Kembali?

Akankah Nokia Asha Bangkit Kembali?

592
AkaNokia Asha Bangkit Kembali

Nokia Asha dulu sempat jadi bintang ponsel featured berkat kemampuannya menjalankan beberapa layanan online seperti Facebook dan Twitter, serta sudah memiliki layar touchscreen. Pada 2014 pembuatan Nokia Asha dihentikan.

Ada sedikit kemunduran brand Nokia setelah sempat menjalin kontrak dengan Microsoft, yang membawa kenangan pahit atas kurang populernya smartphone Nokia yang memiliki OS Windows. Jelas karena pada saat itu market Android sedang mulai booming.

Setelah hak patent Nokia kembali dimiliki oleh HMD Global ditandai dengan berakhirnya kontrak kerjasama antara HMD Global, FIH Mobile Limited serta Microsoft, nama Nokia kembali melenggang dipasaran berkat smartphone pertamanya Nokia 6. Menyusul kemudian ada nama-nama smartphone terbaru seperti Nokia 8 di puncak lineup.

Bukan hanya membesut smartphone papan atas, Nokia ternyata juga ‘mendaur ulang’ beberapa ponsel jadul untuk dihadirkan dalam bentuk berbeda. Nokia 3310 (2017) adalah salah satu model yang dibangkitkan kembali.

Saat ini juga terdengar rumor bahwa HMD Global akan merilis smartphone pertamanya yang akan pakai OS Android Go, yaitu Nokia 1 yang rencananya akan dirilis bulan Maret 2018 mendatang.

Nah, kebangkitan Nokia Asha pertama kali terendus melalui proses perijinan terkait brand ‘Asha’ yang sudah dilimpahkan sepenuhnya kepada HMD Global pada 10 Januari 2018 di EU Intellectual Property Office (EUIPO) semenjak masuk di EUIPO tahun 2011 lalu. Melihat prosesnya yang ada di EUIPO, kemungkinan besar Nokia Asha adalah brand baru yang ditujukan untuk pasar India, mengutip dari Techradar, 12 Januari 2018.


Baca Juga Nokia 3310 Reborn Hadirkan Koneksi 3G


Seperti apa ya spesifikasi Nokia Asha generasi terbaru ini?

Melihat status merek dagang (trademark) yang tercantum, brand baru tersebut bisa digunakan untuk sebuah smartphone, jadi ada kemungkinan besar Nokia Asha versi reborn bukan lagi hadir sebagai ponsel featured, tapi ia merupakan sebuah smartphone. Jika memang demikian, mungkin saja Nokia Asha generasi reborn akan memakai OS Android Go, seperti saudaranya Nokia 1.

Android Go adalah OS turunan Android Oreo yang sengaja dibuat untuk smartphone dengan spek rendah. Semua aplikasi dan pirantinya sudah disediakan secara official oleh Android.

SHARE

LEAVE A REPLY