Ahok Puncaki Daftar 10 Nama Terpopuler di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2016!

432
SHARE

Setelah sempat menjadi trending topic di Twitter, kini Ahok menjadi nama tokoh yang paling banyak dicari di kolom penelusuran Google Indonesia. Selain Ahok, masih ada lagi 9 nama lainnya yang masuk daftar 10 pencarian terpopuler, lho!

Kreasitekno.com — Setelah serangkaian kasus yang terjadi hingga saat ini, nama Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kerap menghiasi halaman depan berbagai media massa, baik di media cetak maupun media online (termasuk media sosial). Hal ini tidak mengherankan karena memang beberapa bulan terakhir kasus terhangat yang sedang ramai menjadi bahan pembicaraan di kalangan masyarakat adalah kasus yang berhubungan dengan Ahok. Dari kasus itulah beberapa berita menggemparkan terjadi, termasuk aksi Bela Agama yang digelar dan mampu mendatangkan hingga jutaan orang. Aksi Bela Agama tersebut bahkan sempat menghiasi berbagai media internasional dan mengundang berbagai reaksi penduduk di belahan benua yang berbeda.


Baca Juga: Fakta Membuktikan: “Indonesia adalah Negara Twitter Paling Cerewet Sedunia”


Jika kita bertanya tentang siapa tokoh yang paling banyak ditelusuri di laman pencarian Google Indonesia sepanjang tahun 2016 ini, maka jawabannya adalah Ahok. Bahkan dalam segi popularitas, namanya mengalahkan Presiden Joko Widodo yang juga merupakan media darling. Di lain sisi, Buni Yani agaknya turut terseret arus pemberitaan Ahok terkait dengan transkrip pidatonya mengenai Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu. Bisa dibilang kasus tersebut berawal dari munculnya video tersebut. Di saat itu Ahok sedang melakukan kampanye untuk maju kembali di pemilihan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Tindakan berbau SARA inilah yang kemudian menimbulkan reaksi dari berbagai pihak, terutama organisasi massa, yang diikuti dengan adanya aksi Bela Agama pada 4 November (411) dan 2 Desember (212).

Pada akhirnya hampir semua hal yang berkaitan dengan Ahok, termasuk beberapa tokoh yang terlibat dalam pro maupun kontra terhadap dirinya, masuk dalam jajaran topik yang paling banyak ditelusuri pada laman Google.

2016-03-25-04-13-14-ahok

Berikut urutan 10 tokoh yang paling banyak dicari di Google Indonesia:

  1. Ahok
    2. Sri Mulyani
    3. Buni Yani
    4. Wayan Mirna Salihin
    5. Nusron Wahid
    6. Agus Harimurti Yudhoyono
    7. Tito Karnavian
    8. Fahri Hamzah
    9. Irman Gusman
    10. Arcandra Tahar

Di samping itu, Google juga mencantumkan 10 nama selebriti yang paling banyak dicari. Berikut urutan nama-namanya:

  1. Saipul Jamil
    2. Song Joong-Ki
    3. Awkarin
    4. Alan Walker
    5. Istri Aming
    6. Isyana Sarasvati
    7. Putri Titian
    8. Gal Gadot
    9. Rizky Febian
    10. Dawin

Dalam daftar nama yang paling dicari tersebut, rupanya tidak tertera nama Habib Rizieq sebagai tokoh yang juga banyak mengundang pro dan kontra sama halnya Ahok. Di lain sisi, nama Awkarin rupanya “lebih diminati” daripada sosok selebriti seperti Isyana atau bahkan Gal Gadot. Bagaimana pendapatmu?

LEAVE A REPLY