Affinity Photo Kini Hadir di Windows, Sudah Coba? (+Link Download)

Affinity Photo Kini Hadir di Windows, Sudah Coba? (+Link Download)

1448

Kamu pengguna Windows dan suka mengolah foto? Sudah mencoba Affinity Photo belum? Ada link download juga, nih.

Kreasitekno.com — Affinity Photo adalah software editing foto yang dapat digunakan pada Windows dalam beta version. Software ini dikeluarkan oleh Serif untuk para editor profesional. Sejak dikembangkan 5 tahun lalu, software yang diperkenalkan pada bulan Juli 2015 ini sukses mendapatkan Apple Design Award di ajang WWDC.

Serif mengklaim bahwa versi Windows memiliki fitur-fitur yang identik dengan versi Mac. Mereka juga mengklaim bahwa file yang terdapat pada keduanya bersifat kompatibel, baik dari tools, accuracy, ataupun performarnce. Itu mengapa mereka menyebut software ini bersifat “fully cross-platform”.

Terlihat serupa dengan Photoshop

Berbicara tentang Photoshop, jelas bahwa Affinity Photo dapat menggeser software editing yang telah lama dikenal masyarakat ini. Kendati Affinity Photo ditujukan untuk para profesional, editor yang masih newbie tetap dapat dengan mudah beradaptasi, kok.

Affinity Photo
Serupa dengan Photoshop

Dari segi tampilan, Affinity Photo Windows Version tampak serupa dengan Photoshop. Beberapa orang bahkan mengatakan tampak terlalu mirip. Sebenarnya, ini memudahkan para pengguna untuk lebih merasa nyaman dan akrab dengan software tersebut.


Baca Juga: Wah, Kamu Bisa Membuat Gambar 3D Cukup Dengan Paint (Video)


Tentu saja, Affinity Photo memiliki identitasnya sendiri yang membuat berbeda dengan Photoshop. Interface-nya terkesan standar, sehingga lebih mudah digunakan. Kamu akan melihat tools panel di sebelah kiri, layers panel di sebelah kanan dengan histogram di atasnya, dan central toolbar di antara, tepat di bawah menu bar. Toolbar kanan menampilkan rincian dasar dari foto dan dapat lebih disesuaikan.

Kinerja yang tinggi untuk hasil yang smooth

Real-time editing adalah salah satu fitur utama yang diunggulkan. Tanpa render preview atau menunggu hasil, kamu bisa dapat langsung melihat editan yang baru saja dilakukan.

Affinity Photo
Real Time Editting pada Affinity Photo

Dari segi penggunaan CPU dan RAM, Affinity Photo terbilang agak ringan, terutama dibandingkan dengan Photoshop. Penambahan layer, posterizing, dan menyesuaikannya dengan berbagai efek bisa lebih halus dan cepat.

Banyak fitur-fitur yang tersedia

Affinity Photo
Fitur yang Tersedia

Affinity Photo tampaknya memang dihadirkan untuk para profesional. Ini terlihat dari adanya fitur standard end-to-end color management dan non-destructive editing. Selain itu, terdapat complete digital darkroom, pengolahan RAW yang komprehensif, extensive retouching tools, dan berbagai penyesuaian profesional lainnya.


Baca Juga: 100 Best Web Design Tools Untuk Para Desainer Web! (+Link Download)


Walaupun Affinity Photo untuk Windows masih dalam beta version, pengguna dapat menikmati fitur-fitur yang terdapat pada versi 1.5. Versi 1.5 memiliki fitur sebagai berikut:

  • advanced HDR merge dapat menghasilkan 32-bit gambar warna ruang linear penuh;
  • focus stacking dapat digunakan untuk memproduksi full 32-bit linear color space;
  • batch processing untuk hasil yang lebih halus dan lebih cepat;
  • dapat digunakan untuk mengedit gambar 360 derajat.

Untuk ke depannya, Serif menjamin bahwa versi selanjutnya lebih “long way off” yang membuat pengguna dapat menikmati pengalaman edit foto jauh lebih profesional dengan banyak fitur tambahan. Saat ini, Affinity Designer sedang dalam pengolahan untuk full release, loh.

Jadi, bagi kamu pengguna Windows dan ingin mencoba editing foto ini, kuy, coba download di sini. Selain cocok untuk newbie dan professional, Affinity Photo ini jauh lebih cepat dan ringan. Penasaran, Gengs?  😎

Source

SHARE

LEAVE A REPLY